Rabu, 01 Mei 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Kamis, 19 Juli 2018 | 14:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Dieng Culture Festival merupakan perayaan kesenian budaya yang diadakan setahun sekali di Wisata Dieng Plateau. Diselenggarakan sejak tahun 2010, Dieng Culture Festival 2018 akan diadakan pada tanggal 3-5 Agustus 2018.

Memiliki banyak agenda acara tradisional yang khas, Dieng Culture Festival mejadi salah satu acara tahunan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap tahunnya. Menjelang hari dilaksanakannya acara, biasanya penginapan dan kamar hotel di wilayah Dieng sudah penuh dipesan oleh wisatawan.

Beberapa rangkaian acara yang akan diadakan dalam Dieng Culture Festival diantaranya yaitu, Pelepasan 1000 Lampion di area Lapangan Wheatleam Soeharto dan Komplek Candi Arjuna. Ada juga acara Jazz Atas Awan, dimana acara ini diselenggarakan di wilayah Dieng yang terselimuti oleh awan.

Pemotongan rambut gimbal di Dieng Culture Festival/Instagram @festivaldieng.

Acara kesenian tradisional yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan lokal dan mancanegara diantaranya yaitu ritual Pemotongan Rambut Gimbal Dieng. Ritual ini telah dilakukan oleh warga Dieng sejak zaman dahulu, dimana di dalam ritual ini anak asli Dieng yang berambut gimbal harus dipotong rambutnya untuk membuang sial.

Sebelum rambutnya dipotong, anak-anak berambut gimbal ini biasanya akan meminta sesuatu kepada keluarganya. Lalu, apa yang terjadi jika keluarganya tidak dapat memenuhi keinginan anak tersebut? Konon katanya jika keluarga tidak memenuhi keinginan anak tersebut, keluarga dari anak berambut gimbal akan terkena sial ataupun musibah.

Dieng Culture Festival 9/Instagram @jawatengahcom.

Penasaran bukan? Untuk kalian yang tertarik untuk berkunjung ke Dieng Culture Festival 2018, Guideku.com punya ringkasan harga tiketnya untuk kalian, yuk cek infonya di bawah ini.

Harga tiket Dieng Culture Festival 2018 yaitu Rp 350.000 untuk 1 orang per 3 harinya. Untuk kamu yang belum punya tiket dan tempat penginapan dan nggak mau ribet, kalian bisa juga memilih beberapa paket  Open Trip Dieng Culture Festival 2018 mulai dari harga Rp 1.100.000 - Rp 1.450.000 per paketnya.

BACA SELANJUTNYA

Tidak Sabar ke Candi Arjuna Dieng, Ganjar Pranowo: Sabar, Biar Ditata Dulu