Kamis, 25 April 2024
Dany Garjito : Selasa, 07 Agustus 2018 | 09:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Joel Pasee merupakan seniman yang selama ini konsisten melestarikan seni tradisional Aceh pada Selasa (31/8) mengunjungi Komunitas Rapa'i Raja Buwah.

Komunitas Rapa'i Raja Buwah inilah yang menyambut Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, pada pembukaan acara Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang berlangsung pada tanggal 5 Agustus 2018 di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh.

Rapa'i Pasee adalah seni gendang tradisional asli Lhokseumawe yang digunakan pada masa Kerajaaan Samudera Pasai untuk menyambut para tamu dan raja.

Meskipun kini seni tersebut hanya dimainkan di beberapa desa dan kecamatan, tapi keberadaan Rapa'i ini pelan-pelan mulai dikenal di tingkat nasional dan internasional.

Joel Pasee yang juga menjadi pegawai Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Lhokseumawe, berkunjung bersama Salman, M.Tesol selaku Kasi Pengembangan Sumber Daya dan Peran Serta Masyarakat.

Keduanya datang dengan tujuan untuk silaturrahmi dengan Syeh (panggilan untuk pimpinan tim Rapa'i) juga untuk melihat perkembangan sejauh mana sudah persiapan untuk menghadapi even tersebut.

Joel Pasee take vocal dengan rapai. (Pariwisata Lhokseumawe)

Joel Pasee mengatakan bahwa seni Rapa'i menjadi identitas musik Aceh yang wajib dilestarikan agar tidak kehilangan ciri khas sebagai bangsa yang kaya budaya.

Joel Pasee juga menambahkan bahwa dia sebagai salah satu pelaku seni di daerah Pasee bertanggung jawab untuk melestarikan.

Apalagi Pasee (red. Lhokseumawe dan Aceh Utara) telah diresmikan sebagai sentral Rapa'i di Aceh oleh Bapak Reza Pahlevi, Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Aceh tahun lalu.

Joel Pasee menghimbau agar generasi muda sekarang mengambil peran dalam mengkaji ulang potensi seni budaya dan melestarikannya demi kemajuan seni budaya daerah di masa depan.

BACA SELANJUTNYA

Gemerlap Acara Pawai Pekan Kebudayaan Aceh 2018