Jum'at, 19 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Jum'at, 17 Januari 2020 | 13:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Belum lama publik digegerkan oleh kemunculan sekelompok orang yang menyebut dirinya dari Kerajaan Agung Sejagat. Kini, ada lagi guys. Namanya Sunda Empire alias Kekaisaran Sunda.

Nah, diduga Sunda Empire dan Kerajaan Agung Sejagat mutualan alias berteman. Totok Santoso Hadiningrat yang mengklaim dirinya sebagai raja di Kerajaan Agung Sejagat disinyalir terlibat dalam Sunda Empire.

Klaim Sunda Empire dan Kerajaan Agung Sejagat juga dinilai hampir sama, yakni sama-sama menyebut bila pemerintahan dunia akan segera berakhir.

Kerajaan Agung Sejagat mengklaim mereka sebagai penerus Kerajaan Majapahit dan menjadi penguasa dunia.

Kerajaan yang berada di bawah kepemimpinan Totok dan pasangannya Fanni Aminadia sebagai kanjeng ratu menjanjikan kesejahteraan bagi para pengikutnya.

Sementara itu, Sunda Empire memprediksi pemerintahan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020. Setelah itu, kehidupan masyarakat dunia akan menjadi lebih baik dan sejahtera.

Dari penelusuran Suara.com, Kamis (16/1/2020), salah satu pengikut Sunda Empire pada akun Facebook Renny Khairani Miller membagikan sejumlah foto kegiatan Sunda Empire. Ia tampak mengenakan pakaian seragam layaknya angkatan militer lengkap dengan baret berwarna biru di kepala.

Heboh Sunda Empire, Klaim Pemerintahan Dunia Berakhir Agustus 2020 (Facebook Yuni Rusmini)

Tak sendiri, ia bersama ratusan orang tampak mengenakan seragam yang sama dan mengikuti sebuah kegiatan. Pada foto yang diunggah pada 9 Juli 2019 itu terlihat spanduk bertuliskan Sunda Empire - Earth Empire.

Suara.com mencoba menelusuri aktivitas yang dilakukan oleh para pengikut Sunda Empire tersebut. Didapat sebuah akun Instagram bernama @youspesbar juga mengunggah kegiatan yang sama.

Dalam sebuah foto yang diunggah pada 27 Maret 2018, tampak ratusan orang berkumpul di sebuah lahan luas dengan mengenakan seragam hitam dan membawa spanduk besar bertuliskan Sunda Empire - Earth Empire.

Keterkaitan antara Kerajaan Agung Sejagat dengan Sunda Empire (ist)

Pada spanduk tersebut tertulis "The First Anniversary World Development Bank Commemorating The 76th Years The Lost Nederlandsch Indie, March 8 1942 - March 8 2017 - March 8 2018 Bandung (Atlantic)".

Dari tampilan visual dalam foto, acara tersebut digelar di Vila Isola, Bandung, Jawa Barat. Pada foto-foto lainnya, tampak pula mereka berada di Gedung Sate Bandung untuk berfoto.

Tak hanya mengunggah kegiatan Sunda Empire saja, akun Instagram @youspesbar juga mengunggah kegiatan Kerajaan Agung Sejagat. Dari beberapa foto yang diunggah, ia mengenakan seragam abdi dalem Kerajaan Agung Sejagat dan mengikuti pengukuhan Totok Santoso sebagai raja.

Suara.com mencoba untuk menelusuri lebih jauh keterlibatan Kerajaan Agung Sejagat dengan Sunda Empire. Dalam akun Instagram milik Totok Santoso @hrhtoto, Totok sempat mengunggah sebuah foto diduga menghadiri kegiatan Sunda Empire.

Keterkaitan antara Kerajaan Agung Sejagat dengan Sunda Empire (ist)

Dalam foto yang diunggah pada 9 Maret 2017 itu, tampak Totok berada di ruangan serba guna dengan mengenakan seragam mirip militer berwarna abu-abu. Di sekitar Totok juga mengenakan seragam yang sama.

Waktu unggahan foto tersebut juga hanya berselang sehari dengan perhelatan aktivitas Sunda Empire, yakni pada 8 Maret 2018 silam.

Dari temuan bukti foto-foto yang berhasil didapatkan itu, diduga ada keterkaitan antara Sunda Empire dengan Kerajaan Agung Sejaga. Hingga berita ini disusun, Suara.com masih melakukan konfirmasi dengan pihak kepolisian Polda Jawa Tengah.

BACA SELANJUTNYA

'Work in Shizuoka Job Fair 2023' Digelar di Bandung 2 - 3 Desember, Peluang Kerja ke Jepang