Jum'at, 29 Maret 2024
Dany Garjito | Fitri Asta Pramesti : Rabu, 29 Januari 2020 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Mengusung tajuk Time to Wonder, Artjog 2020 siap menghadirkan hal-hal yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Gelaran pameran seni kontemporer Artjog 2020 akan segera digelar pada 23 Juli hingga 30 Agustus mendatang.

Program Director Artjog 2020 Gading Paksi menyebut, secara garis besar, konsep pameran Artjog tahun ini tidak berbeda jauh dengan Artjog di tahun-tahun sebelumnya.

"Menunya masih sama, hanya rasanya yang beda," ujar Gading dalam acara Sosialisasi Artjog 2020 yang digelar di Jogja Nasional Museum pada Selasa (28/1/2020).

Gading Paksi, Program Director Artjog 2020. (Guideku.com/Asta Pramesti)

Durasi Pameran

Hal yang baru diantaranya, imbuh Gading, adalah masa gelaran Artjog itu sendiri. Jika di tahun-tahun sebelumnya, Artjog selalu dilangsungkan selama 30 hari, namun untuk tahun ini, lamanya pameran akan diperpanjang hingga 39 hari.

Ekspansi Venue Pameran Artjog 2020

Selain durasi pameran, hal baru juga hadir dari sisi venue. Pasalnya, tahun ini venue pameran dan instalasi akan diperlebar hingga pohon beringin samping Pendopo Adiyasa.

Ekspansi wilayah venue ini dibuat sebagai lokasi untuk instalasi Warung Murakabi. Ya, instalasi dengan ciri khas suara 'tumbas' itu akan kembali dihadirkan di perhelatan Artjog 2020 ini.

Rencananya, Warung Murakabi akan menghadirkan fisik warung yang sebenarnya di sekitar pohon beringin tersebut.

Special Artist Performace Time to Wonder

Hal baru lain yang akan ditemui para pengunjung Artjog tahun ini tentu saja pertunjukan spesial yang menghadirkan karya sesuai dengan tema besar Time to Wonder, dari beberapa seniman.

Terkait pertunjukkan spesial, Gading berujar bahwa tim penyelenggara tengah berdiskusi soal seniman siapa saja yang akan terlibat.

Meskipun begitu, sudah ada satu nama yang telah dikonfirmasi tim penyelenggara untuk tampil di Artjog 2020 yakni seniman Jompet Kuswidananto.

Tak hanya pameran, Artjog 2020 ini juga digadang-gadang akan menampilkan pertunjukkan seni yang lebih banyak dari tahun kemarin.

Nah, itu tadi beberapa hal baru yang bakal ditemui pengunjung Artjog 2020. Gass ke Artjog 2020 nggak nih, genks?

BACA SELANJUTNYA

Usung Konsep Unik, FX Harsono Apresiasi Pameran Asana Bina Seni 2020