Sabtu, 27 April 2024
Hiromi Kyuna : Rabu, 28 Desember 2022 | 18:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Di era modern seperti saat ini industri mulai mengandalkan software sebagai tulang punggung, seperti kehadiran aplikasi simpeg. Software tersebut digunakan untuk mencapai tujuan bisnis yang efektif dan efisien. Misalnya saja untuk penjualan produk, keuangan, sistem layanan konsumen, pengadaan barang sampai dengan pergudangan. Tidak terkecuali di dalam dunia manajemen sumber daya manusia.

HR atau perusahaan saat ini mengadopsi aplikasi simpeg yang sesuai dengan karakter perusahaan Anda. Perusahan baik yang besar maupun rintisan atau startup, harus menyeleksi HRIS yang tepat untuk bisnis mereka. Bagi Anda pemilik bisnis yang sedang mencari perangkat lunak HRIS ada beberapa tips memilih aplikasi simpeg terbaik yang harus Anda perhatikan seperti berikut ini:

Mengelola SDM ini tidak mudah, manusia dengan berbagai sifat dan latar belakang yang berbeda ini harus diperhatikan oleh perusahaan untuk bisa memanajemen karyawan dengan baik. Pengelolaan SDM tidak hanya memberikan motivasi atau membuat karyawan disiplin saja, namun juga bisa mengembangkan dan memberikan hak kepada mereka.

Jenis Aplikasi Simpeg

Ilustrasi bekerja (Pixabay/Firmbee)

aplikasi simpeg dibagi menjadi 3 berdasarkan fungsinya. Ketiga jenis software ini juga yang paling banyak perusahaan cari. Berikut adalah ketiga jenis software tersebut dan penjelasannya.

1.  Aplikasi simpeg Operasional

Jenis ini merupakan modul yang terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR yang berkaitan dengan kegiatan operasional. HR dapat mengelola administrasi karyawan, Penilaian kinerja karyawan, pengelolaan absensi, izin, payroll hingga penggajian.

2. Aplikasi simpeg Tactical

Memiliki fungsi utama untuk menyediakan data pendukung pada manajer dalam pengambilan keputusan terkait alokasi sumber daya. Jenis ini juga terintegrasi mengelola kebutuhan HRD dalam hal manpower planning, recruitment, training atau development.

3.  Aplikasi simpeg Strategic

aplikasi simpeg jenis strategis merupakan software yang dilengkapi modul terintegrasi yang membantu perusahaan menyelaraskan strategi perusahaan dengan karyawannya. Strategi dilakukan melalui performance review dan goal alignment.

Tips Memilih Aplikasi Simpeg yang Tepat

Pertimbangkan Fleksibilitas
Tips memilih HRIS terbaik yang bisa Anda lakukan mempertimbangkan fleksibilitas. Setiap perusahaan ini membutuhkan fitur HR yang berbeda mengingat jumlah karyawan dan sistem kerja yang diberlakukan berbeda. Ada baiknya jika Anda memperhatikan yang berhubungan dengan fleksibilitas software HR itu sendiri sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Tidak hanya itu saja, Anda bisa memperhatikan fitur yang ditawarkan oleh HRIS tersebut. Pilih software yang fiturnya bisa dikustomisasi dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Keamanan Data
Tips memilih aplikasi simpeg terbaik yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah perhatikan keamanan data. Seiring dengan perkembangan teknologi internet saat ini cybercrime akan terus meningkat. Data adalah aset perusahaan sehingga jika Anda kehilangan data tersebut Anda akan kehilangan aset tersebut. Data yang tersimpan dengan cara manual ini rentan mengalami pencurian sehingga hal ini akan merugikan perusahaan. Anda harus menjamin keamanan data internal perusahaan dengan baik sehingga memberikan update sistem untuk bisa mencegah peretasan.

Mudah Dioperasionalkan
Tips memilih aplikasi simpeg terbaik yang bisa dilakukan adalah pilih yang mudah dioperasionalkan. Beberapa aplikasi simpeg ternama dibangun dengan menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh HR yang ada di perusahaan. Terutama bagi HR yang masih awam dengan teknologi HR tersebut. Alih-alih dalam memudahkan pekerjaan mereka, bahasa operasional yang sulit dimengerti justru akan membuat pekerjaan menjadi terhambat.

Mulai Fitur Dasar yang Sederhana
Jika Anda merasa ragu dengan fitur apa saja yang diperlukan oleh perusahaan Anda maka Anda bisa memilih software dengan fitur dasar yang diperlukan oleh perusahaan Anda. Sebaiknya Anda bisa memilih berbagai fitur dasar yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Akurasi Sistem
Berbeda dengan cara kerja manusia, aplikasi simpeg ini dibangun berdasarkan sistem pada sebuah komputer. Tentu saja sistem ini akan mengalami kesalahan jika Anda salah dalam memasukkan data. Oleh sebab itu untuk memilih aplikasi simpeg ini penting untuk memilih yang sistemnya akurat. Untuk mengeceknya Anda bisa mencoba fitur–fitur yang ada di aplikasi tersebut, apakah ada kesalahan atau error yang sering terjadi atau tidak. Anda bisa meminta masa trial untuk mencocokkan data. Masa itu juga untuk menghitung dan memastikan keakuratan penghitungan yang dilakukan di sistem tersebut.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan
Tips memilih HRIS selanjutnya adalah Anda bisa memilih aplikasi yang mana sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Setiap perusahaan ini memiliki kebutuhannya masing-masing, Anda bisa membuat list atau urutan yang paling krusial. Anda bisa memilih fitur utama yang mana bisa memberikan efisiensi waktu bekerja di divisi HRD.

Mampu Memberikan Nilai Tambah
Banyak yang mengira jika aplikasi simpeg on-premise akan lebih baik performanya dibandingkan dengan yang basisnya cloud. Meski begitu HRIS dengan basisnya on-premise ini kurang fleksibel dan biayanya sangat fantastis. HRIS ini juga tidak fleksibel ketika perusahaan menghadapi perubahan.

Terkadang aturan pemerintah maupun kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan ini bisa langsung diterapkan pada aplikasi simpeg on-premise sehingga Anda harus menanggung biaya yang cukup besar. Untuk mengubah sistem diperlukan biaya tambahan seperti pemasangan awal, perusahaan juga harus bisa menanggung biaya maintenance secara rutin kemudian ditambahkan dengan fitur baru.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mencari HRIS yang mana memang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan Anda. Perhatikan budget perusahaan Anda apakah cukup untuk menerapkan HRIS on premise tersebut. Jika memiliki dana terbatas maka HRIS dengan basis cloud lebih disarankan. HRIS berbasis cloud ini lebih hemat dan juga lebih fleksibel sehingga Anda bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Biaya maintenance juga terjangkau dan Anda mudah menambahkan berbagai macam fitur baru yang perusahaan Anda butuhkan.

Kemampuan Integrasi yang Bagus
Software akan dikatakan canggih dan modern jika memiliki kemampuan integrasi yang bagus. HRIS tersebut mampu mengintegrasikan berbagai macam data kemudian bisa menyajikan hasil akhir yang bagus. Integrasi yang ditawarkan oleh software ini juga akan meminimalkan human error atau kesalahan pencatatan yang membuat data menjadi tidak akurat.

Pilih Vendor Berpengalaman dan Terpercaya
Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah memilih vendor yang berpengalaman dan juga terpercaya. Vendor terbaik mampu memberikan pelayanan terbaik kepada Anda, fast response saat membutuhkan bantuan atau masalah dan sebagainya.

Fitur yang Wajib Ada Pada Aplikasi Simpeg Talenta

Berkat cloud system, aplikasi Talenta dapat dengan mudah diakses dari mana saja. Selain itu, Talenta juga menawarkan beberapa fitur utama yang ada di aplikasi. Diantaranya adalah:

1. Mobile Self Service

Salah satu kelebihan HRIS Talenta adalah ketersediaan aplikasi mobile untuk karyawan. Hal ini memungkinkan layanan HR bisa dengan mudah didapatkan dari manapun. Karyawan dapat mengajukan izin cuti, reimbursement dan lain-lain secara mandiri.

Otomatisasi ini jelas sangat membantu perusahaan memonitor karyawan mereka. Bahkan setelah work from home, cara ini akan tetap sangat efektif untuk perusahaan dengan para pekerja remote-nya.

2. Sistem Administrasi Penggajian

Proses pengurusan sistem gaji atau payroll untuk para karyawan akan lebih praktis dengan aplikasi simpeg. Tim HR tidak perlu repot lagi menarik data dari mesin absensi karena seluruh data kehadiran karyawan sudah terintegrasi.

Talenta juga menawarkan fitur payroll yang berbeda dengan lainnya. Nikmati semua keuntungan untuk perusahaan dan karyawan dalam pengurusan payroll. Salah satunya tidak ada biaya admin untuk mengirim gaji ke semua karyawan.

Fitur payroll di aplikasi Talenta menjanjikan kelancaran transaksi dalam segala situasi. Anda bisa mengurus proses payroll dari manapun secara online.

3. Pencatatan Data Kehadiran

Live attendance memberikan pengalaman absen di kantor yang berbeda. Karyawan bisa melakukannya secara mandiri dari ponsel mereka dengan fitur GPS. Ada pula fitur pengenalan wajah untuk memvalidasi absensi.

Ini sangat penting karena data kehadiran seringkali menjadi dasar penilaian untuk menentukan suatu kebijakan. Salah satunya terkait dengan poin kedua tadi, yakni pengurusan payroll karyawan. Anda bisa menjadikannya sebagai alternatif absen fingerprint atau dengan mesin kartu. Pencatatan dan pengolahannya benar-benar otomatis.

4. Penjadwalan dan Tugas Individu

Fitur kalender akan menginformasikan kepada karyawan secara real-time terkait jadwal terdekat mereka. Apakah itu terkait jam kerja, acara tertentu dan lain-lain dapat Anda buat di fitur kalender.

Anda juga bisa memberikan tugas tertentu kepada seorang karyawan. Dari dasbor Talenta, pembagian tugas secara langsung sangat mudah dilakukan. Karyawan bisa melihat apa tugas mereka hari ini, di sisi lain HR akan memantau progres tugas yang mereka diberikan.

5. Time Off, Waktunya Cuti

Pengajuan cuti tidak pernah semudah menekan beberapa tombol di aplikasi ponsel. Anda dapat mengatur sendiri jadwal tersebut lalu meminta persetujuan dari HR.

Setelah itu tinggal menunggu apakah atasan dan HR bersedia melanjutkan proses approval atau sebaliknya. Poinnya adalah pengajuan cuti yang biasanya memakan waktu kini bisa dipangkas sedemikian rupa.

Bahkan Anda juga bisa mendapatkan hak uang lembur secara otomatis dengan hitungan lembur di aplikasi. Ini akan dihitung apabila Anda masih harus bekerja di luar konfigurasi jadwal kerja perusahaan.

Aplikasi Talenta akan memberikan otomatisasi yang meringankan kerja berat HR. Apalagi Anda tidak perlu selalu ke kantor jika sewaktu-waktu harus mengakses data tertentu. Berdasarkan industri modern, ini adalah solusi terbaik untuk menunjang pertumbuhan perusahaan.

Mekari Talenta Rekomendasi Aplikasi Simpeg untuk Karyawan

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

Demikianlah tips memilih aplikasi simpeg terbaik yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.