Minggu, 28 April 2024
Caca Kartiwa : Rabu, 15 November 2023 | 09:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Perhelatan Malam Anugerah Piala Cita Festival Film Indonesia (FFI) telah digelar pada Selasa (14/11/2023) malam dan menghadirkan sejumlah kejutan.

Pada Piala Citra Festival Film Indonesia 2023, terdapat 22 nominasi dalam berbagai kategori penghargaan.

Selain Piala Citra, beberapa penghargaan khusus diberikan, seperti Penghargaan Tanete Pong Masak untuk Karya Kritik Film Terbaik, Penghargaan Lilik Sudjio untuk Film Pilihan Penonton, Penghargaan Dhalia untuk Aktris Pilihan Penonton, dan Penghargaan A.N. Alcaff untuk Aktor Pilihan Penonton.

Film Women from Rote Island meraih 4 Piala Citra, termasuk "Film Cerita Panjang Terbaik," "Sutradara Terbaik" (Jeremias Nyangoen), "Penulis Skenario Asli Terbaik" (Jeremias Nyangoen), dan "Pengarah Sinematografi Terbaik" (Joseph Christoforus Fofid).

Sementara itu, Film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja yang yang masuk nominasi di 17 kategori dan digadang-gadang akan meraih predikat Film Panjang Terbaik, memenangi dua Piala Citra, yakni "Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik" (Prilly Latuconsina) dan "Pemeran Utama Perempuan Terbaik" (Sha Ine Febriyanti).

Adapun beberapa pemenang lainnya antara lain Reza Rahadian sebagai "Pemeran Utama Pria Terbaik" dalam "Berbalas Kejam" dan Marthino Lio sebagai "Pemeran Pendukung Pria Terbaik" dalam "The Big 4."

Sementara Yura Yunita dkk yang membawakan lagu "Jalan Pulang" yang menjadi soundtrack film Jangan Lupa Pulang menjadi Pencipta Lagu Tema Terbaik.

Penghargaan Khusus
Raam Punjabi dan H.M Soleh Ruslani mendapat penghargaan Pengabdian Seumur Hidup.

Piala Tanete Pong Masak untuk kritik film Terbaik dimenangi Permata Adinda dari Cinemapoetica.com.

Piala Lilik Sudjio untuk Film Pilihan Penonton dimenangi film Ketika Berhenti di Sini.

Piala A.N Alcaff untuk Aktor Pilihan Penonton dimenangi Refal Hady di film Ketika Berhenti di Dini.

Dan Piala Dhalia untuk Aktris Pilihan Penonton dimenangi Rachel Vennya di film Sleep Call.

BACA SELANJUTNYA

Prilly Latuconsina Buat Warganet Terpana Saat Masak 4 Menu Lebaran di Dapur