Minggu, 28 April 2024
Caca Kartiwa : Rabu, 15 November 2023 | 12:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Malam penghargaan Piala Cita Festival Film Indonesia (FFI) pada Selasa (14/11/2023) memberikan kejutan menarik dengan kemenangan film Women from Rote Island dalam kategori prestisius Film Panjang Terbaik di FFI 2023.

Women From Rote Island berhasil mengungguli film Budi Pekerti arahan sutradara Wregas Bhanuteja, yang mendapatkan 17 nominasi.

Film Women from Rote Island, menarik perhatian banyak penonton selain pencapaian luar biasa juga tema yang diangkat.

Meskipun film ini belum resmi dirilis di bioskop Indonesia, namun keberhasilannya meraih Piala Citra Festival Film Indonesia 2023 dalam empat kategori menciptakan antisipasi tinggi.

Film Women From Rote Island berhasil membawa pulang penghargaan untuk Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, dan Pengarah Sinematografi Terbaik.

Film ini, yang disutradarai oleh Jeremias Nyangoen dan diproduseri oleh Rizka Shakira, mengundang rasa ingin tahu penonton terutama karena alur ceritanya, konon, didasarkan pada kejadian dan pengalaman nyata para korban kekerasan seksual.

Sinopsis film Women From Rote Island
Melansir laman Busan International Film Festival, Women From Rote Island menceritakan kisah Orpa (Linda Adoe), seorang ibu tunggal dengan tiga anak perempuan setelah suaminya meninggal.

Orpa harus menghadapi diskriminasi sebagai perempuan dan ibu, serta menantang tradisi patriarki yang menjadikan perempuan sebagai kelas dua dalam masyarakat.

Film ini juga menyoroti kisah Martha (Irma Rihi), anak Orpa, yang bekerja sebagai pekerja migran ilegal di luar negeri dan kembali ke Pulau Rote dengan beban berat akibat kekerasan seksual.

BACA SELANJUTNYA

Sinopsis Tekken 2 Kazuyas Revenge: Akankah Ingatan 'K' Kembali seperti Semula