Jum'at, 19 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin | Arendya Nariswari : Kamis, 12 Juli 2018 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Malang merupakan sebuah wilayah yang terletak di provinsi Jawa Timur. Memiliki luas wilah 145.28 kilometer persegi, Malang memiliki banyak lokasi pariwisata untuk dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Sebagai kota pariwisata, Malang juga punya banyak taman kota yang bersih dan indah lho. Kota Malang sempat beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai kota dengan udara paling bersih di Asia.

Kerap memperoleh penghargaan di bidang lingkungan, Pemerintah Kota Malang dan masyarakat setempat kompak terus menjaga kebersihan dan menambah ruang hijau di banyak wilayah termasuk sekolah-sekolah di kota.

Untuk kuliner, jangan ditanya lagi, Malang punya banyak kuliner khas yang harus kalian coba. Penasaran kuliner apa aja yang jadi favorit di Malang? Berikut deretan kuliner asli Malang yang telah dirangkum Guideku.com, Kamis (12/7/18) dari berbagai sumber. 

1. Es krim tempoe doloe Toko Oen

Toko Oen/Instagram @ayielluna dan @moolinary.

Kalau kamu sedang liburan di kota Malang, jangan lupa untuk mampir ke Toko Oen untuk mencicipi lezatnya es krim tempoe doeloe. Nggak cuma es krim, di sini juga banyak menu makanan dan dessert lainnya yang nggak kalah enak dengan si es krim. Berdiri sejak 1930, Toko Oen ini punya interior bangunan khas Belanda yang masih dipertahankan sampai saat ini.

2. Bakso President Malang

Bakso President/Instagram @listjajan dan @donalf


Untuk kalian para bakso lovers, wajib coba bakso yang satu ini. Punya nama Bakso President bukan karena yang makan bakso presiden atau rumah makan ini punya presiden lho. Tempat ini dinamakan Bakso President karena pemiliknya dulu menjual Bakso ini tepat di belakang Bioskop President pada 1982.

Lokasinya yang berada di tepi rel jadi sensasi tersendiri buat para pengunjung karena biasanya kereta api sering tiba-tiba lewat tepat di depan warung Bakso President.

Jadi, buat teman travelers yang mau makan di sini ada baiknya tengok kanan dan kiri dulu ya sebelum menyeberangi rel menuju Bakso President.

3. Depot Rawon Nguling

Rawon Nguling/Instagram @verywirawan.

Duh, kalau yang satu ini jangan ditanya lagi deh, rawon yang satu ini enaknya nggak main-main dan bikin nagih. Lokasinya nggak begitu jauh dari Toko Oen, jadi habis makan rawon kalian bisa ngemil ice cream di sana, hihi.

Rawon sendiri merupakan sup daging sapi yang kuahnya berwarna hitam karena menggunakan bumbu khas Kluwak. Dagingnya yang empuk dipadu dengan nasi hangat dan kuah yang segar bikin depot yang satu ini nggak pernah sepi pengunjung.

4. Pos Ketan Legenda 1967

Pos Ketan Legenda/Instagram @posketanlegenda1967.

Kuliner yang satu ini merupakan makanan bercitarasa manis yang terbuat dari olahan beras ketan. Rasa dari ketan ini sendiri juga nggak monoton lho, karena ada banyak varian rasa. Terletak di kawasan Alun-alun Batu, Pos Ketan Legenda ini selalu ramai pengunjung. Tapi jangan khawatir, Pos Ketan Legenda ini buka dari jam 3 sore sampai jam 3 malam lho, jadi jangan takut kehabisan ya.

5. Mie Gadjah Mada

Mie Gadjah Mada/Instagram @fnysulistio.

Untuk kalian yang suka kuliner mengenyangkan, Mie Gadjah Mada bisa jadi pilihan tepat untuk atasi laparmu. Porsinya yang pas, dan cita rasa mienya yang kenyal, dijamin bikin kamu ketagihan. Jangan lupa juga untuk cicipi bakso dan pangsit malangnya juga ya. Mie Gadjah Mada buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 9 malam.

BACA SELANJUTNYA

Berencana Staycation di Batu Malang? 5 Hotel Ini Tawarkan Promo Menarik