Jum'at, 19 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Senin, 22 Oktober 2018 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Dilihat sekilas, makanan khas Spanyol yang satu ini mungkin akan terlihat seperti mie. Namun, jangan salah karena kuliner yang bernama angulas ini sebenarnya adalah bayi belut.

Berbeda dengan belut di Indonesia yang rasanya gurih dan menggoyang lidah, angulas ini adalah belut yang memiliki rasa tawar.

Bahkan, ada orang-orang yang mendeskripsikan bahwa angulas adalah makanan yang hambar dan tak berbau apa-apa. Mereka juga berkata kalau selada saja masih memiliki aroma, sementara angulas tidak.

Untuk menyajikannya, para koki maupun warga biasanya akan memasak angulas dengan campuran bawang putih, bubuk cabai, dan minyak zaitun. Hal ini dimaksudkan untuk memberi rasa pada angulas.

Lalu, apa yang membuat bayi-bayi belut ini begitu istimewa hingga harganya meroket mahal?

Angulas, Makanan Termahal di Spanyol (youtube.com/Alfredo GASTRODIARIO parahoreca)

Faktanya, dahulu angulas merupakan bahan makanan yang sama sekali tidak spesial. Angulas bahkan pernah digunakan sebagai makanan ayam dan babi, juga para kelas pekerja zaman dulu.

Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah angulas pun mulai menipis sementara permintaannya meningkat drastis.

Berkurangnya jumlah pasokan angulas sendiri disebabkan oleh degradasi lingkungan dan kegiatan menangkap ikan yang berlebihan. Tidak heran, bayi belut ini mulai dinyatakan sebagai hewan langka yang populasinya terancam punah.

Di sisi lain, permintaan angulas meningkat karena banyak orang yang merasa bahwa makanan termahal di Spanyol ini adalah sesuatu yang eksklusif. Selain itu, banyak pula yang memburunya karena rasa penasaran.

Angulas, Makanan Termahal di Spanyol (instagram.com/el_botonazo)

Maka, tak heran jika harga angulas pernah mencapai sekitar Rp 96 juta per kilonya pada tahun 2016 silam.

Sedangkan untuk saat ini, angulas dijual dengan harga Rp 17 juta per kilonya. Nggak semahal dua tahun lalu sih, tapi tetap saja bikin kantong kering, kan?

Kalau menurutmu sendiri bagaimana travelers?

Ada yang tertarik untuk mencoba makanan termahal di Spanyol yang satu ini?

BACA JUGA: Merasakan Sensasi Perawatan ala Putri Keraton di Nurkadhatyan Spa

Info review Hotel, Restoran, Cafe, dan Produk silakan hubungi kontak Guideku.com