Sabtu, 16 Februari 2019
Vika Widiastuti | Aditya Prasanda : Minggu, 03 Februari 2019 | 17:00 WIB

Guideku.com - Belum lama ini tim peneliti dari University of Edinburgh, Inggris mempublikasikan penemuan inovatif berupa telur ayam yang disebut berkhasiat ampuh membunuh sel kanker.

Telur ayam yang dipublikasikan melalui BMC Biotechnology ini ditetaskan oleh ayam yang disuntikkan zat pembunuh sel kanker.

Guna memperoleh sel anti-kanker tersebut, para peneliti memasukkan gen manusia ke dalam DNA ayam.

(Pixabay Rita E)

Ayam tersebut kemudian menjalani kehidupan normal dan dibiakkan pada kandang berukuran besar hingga mereka menetaskan telur pada waktunya.

Dalam dosis yang cukup, telur yang ditetaskan ayam-ayam tersebut mengandung dua protein yang sanggup mengobati kanker pada manusia, yakni IFNalpha2a dan macrophage-CSF.

Protein yang terdapat dalam putih telur itu sejatinya dihasilkan secara alami di dalam tubuh manusia dan berperan penting membantu kekebalan tubuh melawan sel kanker.

Laporan The Independent mencatat dunia medis dalam beberapa dekade belakangan menggunakan dua protein tersebut untuk kemudian dicampurkan ke dalam obat di laboratorium berbiaya besar.

Konon dengan memanfaatkan telur ayam, biaya produksi dapat ditekan jauh lebih murah.

''Ketimbang diproduksi di pabrik, produksi protein pada telur ayam 100 kali jauh lebih murah,'' ujar Lissa Herron salah satu tim peneliti seperti dikutip Guideku.com dari Futurism.

Betapapun diperlukan riset lebih lanjut, tim peneliti optimis telur ayam dapat dimanfaatkan sebagai solusi alternatif pembunuh sel kanker.