Selasa, 20 Agustus 2019
Dany Garjito : Sabtu, 09 Februari 2019 | 20:30 WIB

Guideku.com - Pernah nggak sih kamu punya pengalaman wisata kuliner yang nggak enak? Kayak misalnya penasaran sama restoran baru yang di Instagram foto-fotonya kayaknya enak, tapi pas nyobain langsung ternyata zonk? Nah, kayaknya kamu harus cek Instagram Sadfood deh di @_sadfood

Akun Instagram Sadfood sepertinya mau menunjukkan sisi jujur walaupun menyakitkannya pengalaman berwisata kuliner.

Hal-hal yang diunggah oleh Sadfood tentu saja pengalaman makan yang nyebelin, sedih, dan hal tak menyenangkan lainnya.

Sosok di balik akun tersebut adalah seorang mahasiswa jurusan perfilman, Winner Wijaya serta adik kandungnya, Rayner Wijaya.

Ditemui Suara.com di kawasan Serpong, Winner mengaku membuat akun @_sadfood semenjak pertengahan November 2017 lalu.

Niatnya tak lain dan tak bukan, sekadar berbagi pengalaman dikecewakan oleh makanan.

ig @_sadfood

"Mulanya hanya posting pengalaman pribadi dan teman dekat saja, tapi sekarang sudah banyak kontributor (penyumbang cerita) dari masyarakat umum," ungkap Winner.

Dikutip dari Suara.com, popularitas @_sadfood baru datang setelah pengguna Twitter, @deanovs, membagikan tangkapan layar mengenai akun tersebut.

Kicauan @deanovs kini telah dibagikan 13 ribu kali dan disukai oleh 8 ribu lebih pengguna Twitter. 

Bahkan dari yang tadinya hanya memiliki 824 pengikut, tidak sampai seminggu telah bertambah hingga angka 44 ribu pengikut.

Sontak saja, @_sadfood mendapatkan popularitasnya, hampir dua tahun setelah dibuat oleh sang inisiator.

Lantas, ada kisah kocak apa aja sih yang dibagikan Sadfood?

Banyak, mulai dari ayam berbentuk artefak, soto kuah kolak, hingga Indomie kuah campur telor utuh, bulat sempurna, secangkang-cangkangnya!

Tapi unggahan pertama akun @_sadfood adalah semangkuk bubur seharga Rp 34 ribu yang Winner beli di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Dikira bakal mewah, eh yang datang ternyata bubur hambar dengan rasa super nggak jelas.

Pengalaman menyedihkan tersebut belum seberapa, ada lagi sajian makanan super ngenes yang bisa bikin sakit ati.

Yakni Menu Nasi Sapi Lada Hitam yang dibeli saat Winner berkelana dengan kereta api. Memang sih harusnya tak perlu berharap banyak dari makanan kereta, tapi ya datang juga harusnya bukan dua batang buncis dan sembilan biji jagung juga, kan ya?

Aneka kisah sedih pengalaman kulineran yang @_sadfood sajikan bukan tak mendapat perlawanan. Winner mengaku beberapa kali mendapat tudingan 'ingin viral' hingga pernah mendapat ancaman.

Tapi bagi Winner, dari protes yang coba ia tampung, ia berharap banyak rumah makan atau penyedia layanan makanan mau berbenah dan jujur dalam menyajikan makanan mereka pada pelanggan.

"Saya senang dari unggahan kita ini ada yang restoran mau berbenah diri, memperbaiki kualitas menjadi lebih baik, itu niat utama kita," tambah Winner.

Kira-kira, apakah @_sadfood menjaga indepedensinya dari serbuan endorse restoran? Winner pastikan ya.

"Kalau pun akan ada iklan, tidak akan tentang makanan, nanti gak sad lagi," pungkas Winner yang asli Malang tersebut.

Bagus juga ya ide Instagram Sadfood ini, membagikan kisah pengalaman menyedihkan saat kulineran.  

SUARA.com/Risna Halidi