Selasa, 30 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin | Aditya Prasanda : Minggu, 19 Mei 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Menghabiskan liburan di Kepulauan Kei, Maluku, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kelezatan seporsi pisang goreng embal nan istimewa.

Pisang goreng khas ini diolah menggunakan pisang sepatu, sejenis pisang lokal berusia 40 hari yang belum terlalu matang, dan dibaluri tepung dengan kandungan racun sianida nan mematikan.

Namun tenang, ketika disajikan, pisang goreng embal sudah aman untuk dikonsumsi sebab kandungan sianida di dalam tepungnya telah dihilangkan.

Masyarakat setempat menyebut tepung bersianida itu sebagai tepung embal.

(Instagram Papeda Kasbi 123)

Tepung ini diracik dari parutan umbi singkong yang diayak, direndam lantas diperas untuk disingkirkan racun nya.

Racun sianida berwarna biru itu disingkirkan hingga benar-benar hilang dari perasan umbi singkong, lantas menjelma tepung layak pakai.

Setelahnya, tepung dijemur dan siap digunakan. Tepung embal yang siap pakai, selanjutnya digunakan untuk membaluri pisang sepatu yang digoreng.

(Instagram El Virah Rossa)

Pisang goreng dengan rasa yang istimewa ini kian sempurna ditemani sambal pedas khas Pulau Kei yang terbuat dari olahan cabai, tomat, bawang merah, perasan jeruk dan terasi dobu.

Untuk merasakan sensasi kelezatannya, sangat disarankan menyantap camilan ini bersama segelas kopi maupun teh. Duh..siap jadi teman berbuka nih sepertinya.

BACA SELANJUTNYA

4 Fakta Menarik Tentang Maluku, Tempat Mendiang Glenn Fredly Berasal