Sabtu, 20 April 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Jum'at, 11 Oktober 2019 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Perlu diingat bahwa menjaga kebersihan makanan dan lingkungan sangatlah penting.  Pasalnya, bisa jadi makanan yang hendak Anda santap baru saja dihinggapi lalat.

Bagi Anda yang belum tahu, ketika makanan dihinggapi lalat biasanya serangga ini mengeluarkan telur-telur kecil atau calon larva.

Sekilas telur lalat ini mirip noda pada makanan. Namun jangan salah, ternyata telur lalat ini merupakan calon belatung lho, hii.

Belum lama ini seorang pengguna Twitter juga membagikan kisahnya ketika menemukan telur lalat pada makananya.

Ya, akun @lifeofrefly ini menemukan beberapa telur lalat tersemat di sela-sela tulang ayam.

Telur lalat. (Twitter/@lifeofreefly)

"Yang putih-putih itu adalah: t*i lalat. Siapa tau ada yang belum tau yakan. Sampe nggak jadi makan aku tuh. Thanks lalat," cuit akun @lifeofrefly.

Akun tersebut juga sempat membagikan informasi bahwa dalam hitungan jam, telur lalat itu akan berubah menjadi belatung.

Tentu saja hal ini kurang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Lalu apa yang terjadi jika telur lalat ini sampai tertelan?

Daur hidurp telur lalat. (Twitter/@lifeofreefly)

Ternyata, telur lalat yang tertelan tadi dapat berkembang biak dalam tubuh. Namun kemungkinan ini terbilang sangat kecil mengingat tubuh manusia memiliki sistem pertahanan tubuh.

Tetapi tidak menutup kemungkinan, jika orang yang tak sengaja menelan telur lalat daya tahan tubuhnya sedang tidak baik maka akan mengalami beberapa gejala seperti kram perut, mual muntah hingga diare.

Oleh karenanya, selalu jaga kebersihan saat mengolah dan membeli makanan ya. Jangan sampai telur lalat ini hinggap di makanan Anda atau bahkan tertelan.

BACA SELANJUTNYA

Resep Masakan Praktis dan Murah Tahu Cabe Garam Cocok untuk Anak Kos