Jum'at, 26 April 2024
Dany Garjito : Selasa, 15 Oktober 2019 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Chef Martin Praja mengaku pernah sakit Hepatitis A. Hepatitis A sendiri merupakan penyakit yang menyerang hati dan dapat dicegah dengan vaksin.

Virus Hepatitis A dapat menyebar dari makanan dan air yang terkontaminasi atau kontak dengan seseorang yang terinfeksi.

"Dulu pernah sakit hati, liver yaitu Hepatitis A. Makanya makanan yang suka dibikinin pas sakit yang tidak boleh banyak lemak, harus berkuah, dari situ mulai bisa dan belajar masak," kata chef sekaligus pemilik restoran bistro di Kota Bogor tersebut, ditulis Selasa (15/10/2019).

Dari situ, lanjut Chef Martin, ia mulai belajar memasak makanan yang sesuai kebutuhan tubuh dan nutrisinya.

Ada satu menu andalan Chef Martin, yang menurutnya bukan hanya mudah dibuat tapi juga menyehatkan untuk dikonsumsi. Menu tersebut adalah Ayam Rebus Kembang Tahu.

"Buatnya mudah banget, cuma butuh lima bahan," tambahnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ayam kampung potong delapan, kembang tahu dua lembar, jahe satu ruas, bawang putih, lada dan garam.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah memasukkan ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan ke dalam air rebusan sekira 1.5 liter.

Selanjutnya, potong kembang tahu, masukkan bawah putih yang sudah digeprek, jahe yang sudah digeprek dan bumbu seperti lada serta garam secukupnya. Masak dengan api kecil selama 1 sampai 1,5 jam.

"Saat air berkurang setengah, itu sudah pas dikonsumsi. Ayam kampung bisa diganti dengan ayam negeri," tambah Chef Martin.

Bagaimana, tertarik membuat Ayam Rebus Kembang Tahu ala Chef Martin?

SUARA.com/Risna Halidi

BACA SELANJUTNYA

Yuk Bandingin Terasi Indonesia dan Terasi Malaysia, Lebih Menyengat Mana?