Kamis, 28 Maret 2024
Dany Garjito : Sabtu, 23 November 2019 | 18:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pengumuman 'berbau' rasis yang terpasang di salah satu cabang toko kue Tous les Jours nyatanya memancing kemarahan khalayak. Emak-emak pun tak tinggal diam.

Sebelumnya, dalam pengumuman itu tertulis jika pihak toko dilarang menuliskan ucapan hari besar agama seperti natal dan imlek, lantaran bertentangan dengan syariat islam.

Tak berselang lama, di media sosial, viral video emak-emak yang menyerbu toko Tous le Jours untuk memberi kecaman terkait larangan itu. Salah satunya yang diunggah oleh pengguna Twitter @yusuf_dumdum, Jumat (22/11/2019).

Dalam video berdurasi 29 detik itu, tampak beberapa emak-emak yang mengungkapkan kekesalan kepada pihak toko.

"Kita juga Islam, tapi kita tahu diri. Kalau ada yang kaya gitu suruh balik ke Arab sana," tutur emak-emak berbaju hitam.

Beberapa saat kemudian, wanita yang memakai baju putih pun menimpali pernyataan temannya.

"Gak usah di Arab di mana aja. Tidak boleh. Tidak boleh begitu di Indonesia. Indonesia Bhinneka Tunggal Ika. Sampaikan ya ke manajemen kalian," tegasnya.

Ia lalu mengatakan, pihak toko harus menindak tegas oknum yang sengaja membuat larangan menulis ucapan natal di kue.

"Karena nantinya kita akan bikin kesepakatan sama banyak orang, kalau sampai orang itu nggak diapai-apain berarti nggak bener. Orang tersebut harus dipecat, saya orang HRD. Harus dipecat orang itu," imbuhnya.

Mendapat pesan tersebut, seorang pegawai toko pun hanya bisa mengangguk sambil berkata, "Ya Bu, nanti saya sampaikan,".

Sejak diunggah, video emak-emak itu telah disaksikan lebih dari 348 ribu kali.

Sementara itu, sebelumnya pihak Tous les Jours telah memberikan klarifikasi terkait larangan menuliskan ucapan selamat untuk hari besar agama selain islam.

Melalui pernyataan yang dibagikan di laman Facebook, Tous les Jours mengatakan, larangan itu bukan aturan resmi yang dikeluarkan perusahaan.

Mereka mengklaim menjunjung tinggi toleransi beragama dalam menjalankan usaha. Untuk itu, ous les Joursmeminta maaf atas kegaduhan yang terjadi.

Klarifikasi TOUS de JOURS atas larangan penulisan ucapan natal. (Facebook)

SUARA.com/Husna Rahmayunita

BACA SELANJUTNYA

Jadi Buruan Food Vlogger, Inilah 5 Bakso Viral di Garut Rekomendasi Buat Pecinta Kuliner