Sabtu, 20 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Senin, 25 November 2019 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Ada berbagai destinasi wisata budaya yang dapat dikunjungi saat liburan ke kawasan Keraton Yogyakarta. Salah satunya adalah Museum Sonobudoyo.

Berlokasi di seberang Alun-alun Utara Yogyakarta, Museum Sonobudoyo memiliki koleksi lengkap yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan Jawa.

Tak hanya itu, Museum Sonobudoyo juga berlokasi tak jauh dari aneka spot kuliner lezat yang dapat dikunjungi setelah puas berwisata.

Nah, bagi Anda yang sedang berlibur di kawasan Keraton Yogyakarta dan Museum Sonobudoyo, berikut rekomendasi 4 kuliner yang dapat dikunjungi setelahnya.

1. Bale Raos Kraton

Kuliner Dekat Museum Sonobudoyo (instagram.com/baleraosresto)

Restoran Bale Raos merupakan salah satu restoran dekat Museum Sonobudoyo yang menyajikan kuliner khas Keraton Yogyakarta.

Di sini, wisatawan dapat menjajal kuliner khas yang kerap dimakan para raja Yogyakarta.

Restoran Bale Raos Kraton ini ada di Jl. Magangan Kulon No. 1, Panembahan, kurang lebih 5 menit saja dari Museum Sonobuoseng-oseng mercondoyo.

2. Pendopo nDalem Resto

Kuliner Dekat Museum Sonobudoyo (instagram.com/iwan_hermanto)

Masih kental dengan konsep dan budaya Jawa, ada Pendopo nDalem Resto yang menyajikan menu angkringan namun dengan konsep restoran.

Uniknya lagi, restoran yang satu ini memiliki arsitektur khas Keraton dan dijamin membuat betah.

Selain aneka menu angkringan, ada pula minuman tradisional seperti bajigur hingga berbagai jajan pasar di Pendopo nDalem Resto ini.

3. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Kuliner Dekat Museum Sonobudoyo (instagram.com/voilajogja)

Ke Yogyakarta rasanya belum lengkap jika belum menjajal oseng-oseng mercon. Salah satu yang terkenal adalah oseng-oseng mercon Bu Narti di Jl. KH. Ahmad Dahlan.

Terletak sekitar 5 menit saja dari area Museum Sonobudoyo, restoran ini merupakan pelopor oseng-oseng mercon di Yogyakarta.

Restoran ini buka dari jam 6 sore hingga malam. Untuk membelinya, travelers juga harus siap mengantre lebih dulu.

4. Gudeg Wijilan

Kuliner Dekat Museum Sonobudoyo (instagram.com/pu2t_javaskye)

Terakhir, travelers dapat berkunjung ke area Jalan Wijilan yang tak jauh letaknya dari Museum Sonobudoyo. Area ini sendiri dikenal sebagai salah satu sentra gudeg di Yogyakarta.

Selain Gudeg Yu Djum Wijilan yang memang sudah terkenal, ada juga warung gudeng Bu Lies yang merupakan salah satu warung gudeg tertua.

BACA SELANJUTNYA

Trailer dan Sinopsis 'Monster', Film Thriller Tanpa Dialog Dibintangi Marsha Timothy