Jum'at, 29 Maret 2024
Dany Garjito : Jum'at, 03 Januari 2020 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Seorang penjual mi di China memilih trik kotor untuk membuat dagangannya laku. Alih-alih memperbaiki resep mi, ia justru mencampur mi buatannya dengan opium, sejenis narkoba yang bisa membuat pemakainya kecanduan.

Penjual mi tersebut yang diidentifikasi bermarga Yang, tinggal dan berjualan di Kabupaten Sanjiang Dong, Provinsi Guangxi, China.

Trik kotor Yang terbongkar setelah seorang konsumennya dinyatakan positif menggunakan morfin, komponen aktif dalam opium, saat inspeksi polisi.

Positif narkoba, korban jualan mi restoran Yang bersikeras bahwa ia tidak pernah menggunakan obat-obatan terlarang tersebut. Korban juga mengatakan satu-satunya yang baru ia makan adalah semangkuk mi yang ia beli di kedai mi milik Yang.

Saat polisi melakukan kunjungan mendadak ke kedai mi milik Yang, mereka lalu menemukan bahwa makanan di sana mengandung morfin.

Dilansir dari Oddity Central, tim polisi lalu menggaet Badan obat dan Makanan setempat dan menemukan 76 gram bubuk biji opium. Yang kemudian ditangkap dan mengakui bahwa ia telah menggunakan bubuk tersebut sebagai resep rahasia untuk membuat pelanggan kecanduan dan kembali ke kedainya.

Menariknya, praktik mencampur mi dengan opium untuk membuat orang kecanduan bukanlah hal baru di China.

Salah satu kasus yang telah dilaporkan terjadi pada 2014 lalu ketika seorang pemilik restoran di Yan'an, provinsi Shaanxi, mengaku mencampur mi yang ia buat dengan opium. Dia terekspos setelah seorang pelanggan dinyatakan positif menggunakan morfin. Pada awal 2016, media China melaporkan bahwa sekitar tiga lusin restoran telah diselidiki karena mencampur makanan mereka dengan narkoba yang membuat pelanggan kecanduan. Beberapa di antaranya telah dituntut.

SUARA.com/Risna Halidi

BACA SELANJUTNYA

Viral Pria Bikin Mi Goreng Nugget Rebus, Tampilannya Bikin Tepuk Jidat