Senin, 29 April 2024
Angga Roni Priambodo | Arendya Nariswari : Selasa, 14 Januari 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Belakangan publik digegerkan dengan munculnya Kerajaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo. Usut punya usut, ternyata wilayah Purworejo ini memiliki kuliner khas yang wajib untuk Anda cicipi lho.

Kerajaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo ini bahkan sempat membuat heboh masyarakat sekitar. Pihak kerajaan tersebut mengaku masih merupakan bagian atau penerus Kerajaan Majapahit.

Di samping berita heboh Kerajaan Keraton Agung Sejagat, rupanya banyak sekali kuliner menarik khas Purworejo.

Mulai dari geblek sampai dengan sate winong dapat Anda cicipi. Berikut Guideku.com rangkum, 4 rekomendasi kuliner di Purworejo yang wajib dicicipi dari berbagai sumber, Selasa (14/1/20).

1. Es Dawet Jembut Kecabut

Kuliner khas Purworejo. (Instagram/@karinaayunani29)

Nama dari kuliner ini terdengar sangat nyeleneh bukan? Rupanya terdapat singkatan nama lokasi di dalamnya lho. Lokasi dijualnya makanan ini berada di sebelah timur Jembut (Jembatan Butuh), Kecabut (Kecamatan Butuh).

Sebenarnya lapak berjualan sederhana ini memiliki nama Dawet Hitam Asli Pak Wagiman. Namun warganet lebih familiar dengan panggilan Es Dawet Jembut Kecabut.

Satu porsi Es Dawet Jembut Kecabut ini dibanderol dengan harga sangat terjangkau yakni Rp 4 ribuan saja.

2. Geblek

Kuliner khas Purworejo. (Instagram/@stefanus_bagus_ardiyatnto)

Kuliner khas Purworejo berikutnya adalah geblek. Memiliki nama tak kalah unik, sajian geblek ini punya cita rasa yang begitu menggugah selera lho.

Kerap dijadikan camilan, geblek ini terbuat dari tepung kanji dan memiliki cita rasa gurih. Sekilas, camilan ini bentuknya serupa dengan cireng dari Sunda.

Rasa dari geblek semakin mantap kala disantap bersamaan dengan sambal kacang.

3. Sego Megono

Kuliner khas Purworejo. (Instagram/@oscarpermadi)

Nasi megono, atau masyarakat sekitar lebih akrab menyebutnya dengan sego megono. Kuliner ini juga merupakan sajian yang cukup populer di Purworejo.

Satu porsinya berisi nasi, nangka muda yang dicacah lalu dicampur dengan kelapa parut. Sekilas tampilan sego megono ini tampak seperti dicampur dengan urap .

Agar rasanya semakin mantap, Anda bisa menambahkan sego megono ini dengan lauk pauk seperti sate, telur hingga tempe mendoan.

4. Sate Winong

Kuliner khas Purworejo. (Instagram/@iseng.jajan)

Mungkin Anda mengira bahwa sate winong ini tampilannya mirip sate-sate lain yang dijual di sejumlah daerah. Eits, tapi jangan salah, sate winong ini punya cita rasa berbeda.

Daging yang digunakan berasal dari kambing muda, sedangkan bumbunya terbuat dari kecap manis, rempah dan gula merah.

Sate winong ini semakin mantap kala disantap dengan seporsi nasi putih hangat.

Nah, itu dia tadi kuliner khas Purworejo yang populer dan wajib untuk Anda cicipi. Selamat mencoba ya!

BACA SELANJUTNYA

Iga Galabag, Menu Kuliner Wajib di Bandung untuk Penikmat Makanan Jumbo