Selasa, 23 April 2024
Dany Garjito : Selasa, 04 Februari 2020 | 12:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Hotman Paris Hutapea melayat dan mengikuti proses pemakaman Kiai Haji Salahuddin Wahid atau Gus Sholah dari awal hingga akhir.

Aksinya ketika berada di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur menyita perhatian publik.

Ia menyempatkan diri terbang dari Bali ke Jombang untuk menghadiri pemakaman sahabatnya. Bahkan sebelum jenazah tiba, Hotman telah hadir di Tebuireng, Senin (3/2/2020) siang.

Berikut 5 aksi Hotman Paris saat mengikuti proses pemakanan Gus Sholah yang dirangkum Suara.com, Selasa (4/2/2020).

1. Menunggu jenazah Gus Sholah

Begitu sampai di Tebuireng, Hotman disambut oleh para santri dan ulama yang hadir di sana untuk melayat.

"Saya sudah tiba di pesantren Tebuireng menunggu tibanya almarhum Gus Sholah yang hari ini akan dimakamkan," kata Hotman dalam video yang diunggah ke akun Instagram pribadinya @hotmanparisofficial.

Hotman Paris menunggu jenazah Gus Sholah (instagram @hotmanparisofficial)

Tampak di sampingnya, beberapa ulama mengajak Hotman berfoto. Sementara para santri di belakang terlihat mengerumuni pengacara kondang tersebut.

Dalam video itu Hotman juga menjelaskan bahwa tahun lalu ia datang ke Tebuireng untuk memberikan ceramah. Dari sana, sang pengacara mendapat gelar "gus" dari Gus Sholah.

2. Duduk di saf belakang

Ini adalah aksi Hotman yang paling menjadi sorotan. Ketika menunggu jenazah Gus Sholah, Hotman dihidangkan makanan dan dipersilakan makan sementara yang lainnya sedang salat Zuhur.

Hotman dipersilakan tetap berada dalam ruangan, duduk di bagian paling pelakang saf jemaah salat

"Netizen jangan nyinyir dulu! Sebelum tiba jenazah Gus Solah maka para Kyai sholat dzhuhur di rumah peninggalan pendiri NU (Hasyim Asy’ari). Hotman sudah mau keluar ruangan tapi oleh para kyai disuruh duduk dan dikasi makan," tulis Hotman.

Unggahan Hotman Paris saat melayat di kediaman Gus Sholah [Instagram/@hotmanparisofficial]

Sang pengacara terlihat duduk diam di saf paling belakang saat para kyai dan ulama lainnya salat. Di depan Hotman yang duduk bersila, terdapat sejumlah piring berisi makanan.

"Hotman dikasi makan minum tapi harus duduk tenang jadi anak baik! Muka polos ya (yang sholat para kyai senior)," imbuh Hotman.

3. Pamer cincin dengan para kyai

Kejadian setelah para kyai salat tidak kalah heboh. Hotman diajak memamerkan cincinnya dengan para ulama di sana.

"Habis sholat : para Kyai ajak berphoto gaya kopi joni," tulis Hotman.

Hotman Paris pamer cincin dengan para kyai (instagram @hotmanparisofficial)

Awalnya Hotman berkenalan dengan seorang kyai bernama Yusuf yang juga memakai cincin. Lalu para ulama lainnya ikut-ikutan memamerkan cincin di jari mereka.

Sambil tersenyum, Hotman berkata, "Halo terjadi persaingan cincin antara si batak dengan para kyai. Kyai Yusuf nih, asli enggak nih? Wah ini pertarungan cincin antara para kyai".

4. Ikut desak-desakan dengan santri

Hotman tidak lekas beranjak pergi. Ia rela berdesak-desakan dengan para santri hingga jenazah Gus Sholah dibawa ke liang lahat.

Dalam video yang diunggahnya, Hotman tampak dikerumuni para santri. Mereka melambaikan tangan ke kamera dan menyapa.

Hotman Paris ikut desak-desakan dengan santri (instagram @hotmanparisofficial)

Terlihat keringat bercucuran di dahi pengacara kondang itu.

"Lemas capek berdesak desak dengan para santri di acara pemakaman Gus Sholah di pesantren Tebu Ireng Jombang," tulis Hotman.

5. Jadi satpam berjas

Ketika jenazah Gus Sholah dibawa keluar ruangan, Hotman ikut mengawal. Ia berdiri di samping pintu untuk memberi jalan.

Hotman yang memakai jas berdiri di depan para santri. Sesaat setelah keranda jenazah Gus Sholah dibawa keluar dari pintu, Hotman membentengi kerumuman santri agar tidak menghalangi jalan.

"Awas Hotman jadi satpam berjas! Saat Alm Gus Sholah mau di bawa ke Mesjid di Pesantren Tebu Ireng Jombang! Para santri semua menunggu!" tulis Hotman.

Hotman Paris ikut mengawal saat jenazah Gus Sholah dibawa keluar (instagram @hotmanparisofficial)

Sebelumnya, Hotman juga terlihat sempat bersalaman dengan Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang keluar dari pintu.

Hotman menulis, "Selamat jalan Sahabatku Gus Sholah! Namaku Gus pemberian Gus solah (acara pemakaman di Pesantren Tebu Ireng! Hotman Kristen satu satunya yang hadir dan diterima dengan ramah oleh para kyai senior dan muda)(cuma aku yang batak dan agama kristen saat itu disana)"

SUARA.com/Rifan Aditya

BACA SELANJUTNYA

Ajegile, Berlibur di Bali, Millendaru Dikejar Bule-bule