Jum'at, 29 Maret 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Selasa, 11 Februari 2020 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Tren kuliner 2020 mulai bermunculan, mulai dari cara membuat pie susu sendiri di rumah hingga yang terbaru yakni tips memasak roti kukus srikaya.

Uniknya lagi, roti kukus srikaya ini dalam proses pembuatannya tidak perlu menggunakan buah srikaya. Lalu bagaimana caranya ya, membuat roti kukus srikaya tanpa buah?

Nah, belakangan utasan akun Twitter @denni_aji tentang cara membuat roti kukus srikaya ini mendadak viral dan mendapatkan atensi cukup tinggi dari netizen.

Tercatat, roti kukus srikaya dengan tampilan menggugah selera ini mendapatkan lebih dari 5 ribu retweet dan 26 ribu likes.

Berikut Guideku.com kutip bahan yang harus disiapkan serta cara membuat roti kukus srikaya dari thread akun @denni_aji, Senin (10/2/2020).

Bahan membuat roti:

  • 250 gram tepung terigu
  • 60 gram gula
  • 150 ml susu (Jenis susu sesuai selera, bisa susu bubuk yang dicairkan atau susu murni cair)

 

Cara membuat roti kukus srikaya di rumah tanpa harus pakai buah. (Twitter/@denni_aji)

Bahan membuat selai srikaya:

  • 150 gram gula pasir
  • 200 ml santan
  • 4 helai daun pandan
  • 5 sendok air
  • 2 butir telur
  • Vanili (kondisional sesuai selera)
  • Garam

Cara membuat roti kukus:

  1. Pertama-tama campur seluruh bahan yang sudah disiapkan kemudian uleni menggunakan tangan. Di sini Denni selaku pembuat thread, membuat roti kukus srikaya menggunakan susu full cream merek Greenfielfs.
  2. Setelah tercampur, adonan roti kukus tadi didiamkan selama 90 menit dan ditutup menggunakan plastik wrapping atau kantung kresek seadaanya.
  3. Lalu, setelah didiamkan 90 menit, kalian bisa mencampurkan adonan dengan ragi. Kemudian uleni adonan roti kukus hingga halus.
  4. Terus uleni adonan selama 10 menit sambil tambahkan sedikit minyak goreng agar adonan roti kukus srikaya tidak terlalu lengket.
  5. Baru setelah diuleni, adonan tadi bisa diletakkan di atas cetakan atau kertas roti. Denni menyebutkan bahwa harga kertas roti ini cukup terjangkau yakni Rp 1000 per lembar.
  6. Sesudah diletakkan di dalam cetakan, tutup adonan dengan serbet bersih selama kurang lebih 45 menit hingga ragi mengembang.
  7. Kukus adonan yang sudah diletakkan dalam cetakan tadi ke selama kurang lebih 20-25 menit.

 

Cara membuat roti kukus srikaya di rumah tanpa harus pakai buah. (Twitter/@denni_aji)

Cara membuat selai srikaya:

  1. Pertama, ikat 2 daun pandan kemudian blender sisa daun pandan menggunakan sedikit air.
  2. Tuangkan santan, gula dan dua ikat daun pandan tadi ke dalam teflon kemudian aduk merata.
  3. Pecahkan telur yang sudah disiapkan tadi, aduk lalu campurkan adonan dalam teflon kemudian aduk kembali hingga merata
  4. Saring daun pandan yang sudah diblender tadi kemudian tuang ke dalam adonan hingga teksturnya mengental, lalu beri sedikit garam.

 

Cara membuat roti kukus srikaya di rumah tanpa harus pakai buah. (Twitter/@denni_aji)

Nah, itu dia tadi cara membuat roti kukus srikaya tanpa harus menggunakan buah rekomendasi pengguna Twitter @denni_aji. Selamat mencoba di rumah ya!

 

BACA SELANJUTNYA

Viral! Pesawat Air India Bocor Ditengah Penerbangan, Penumpang Tetap Santuy