Sabtu, 20 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa : Minggu, 16 Februari 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Aaliyah Cortez, perempuan asal Austin, Texas mendadak menjadi sorotan dan viral di media sosial. Hal itu terjadi seusai menceritakan gaji yang diterimanya. Upah tersebut dinilai tak layak.

Sudah lebih dari satu tahun, ibu muda itu bekerja sebagai bartender dan pelayan di salah satu bar. Namun, ternyata kerja kerasnya tersebut tak dibayar dengan gaji yang sepadan.

Dikutip dari Buzfeed, Jumat (14/2/2020), Aaliyah pun mengungkap kisah pilu yang dialami lewat sebuah unggahan video di TikTok pada 11 Februari 2020 lalu.

Video itu lantas viral di linimassa Twitter setelah dibagikan oleh sejumlah warganet.

Dalam rekaman berdurasi 45 detik itu, Aaliyah memamerkan slip gaji miliknya dengan jumlah total durasi kerja 70 jam.

Selama itu, ia memperoleh gaji sebesar USD 150,81 atau senilai Rp 2 juta. Pun bila dihitung per jam, ia menerima gaji sebesar USD 2,13 yang setara Rp 29 ribu.

Kerja 70 jam, perempuan dapat gaji Rp 127 ribu. (Twitter)

Namun nominal lalu kemudian dipotong tanggungan lain seperti pajak, perawatan medis dan jaminan sosial. Alhasil, ia hanya menerima gaji bersih sebesar 9,28 USD tau Rp 127 ribu.

Dengan upah minim tersebut, Aaliyah pun cuma bisa mengandalkan tip dari pelanggan.

Ia mengatakan sengaja membagikan kisah tersebut untuk memberi gambaran kepada khalayak soal industri jasa di negaranya.

"Ada undang-undang yang memungkinkan karyawan mendapat gaji di bawah upah minimum, itu yang membuat kami bergantung pada tip yang diberi pelanggan," ungkap dia.

Kendati begitu, Aaliyah mengaku suka pekerjannya dan merasa beruntung banyak pelanggan yang memberi tip kepadanya.

"Saya berharap ini semua berjalan secara mamadai dan konsisten. Seperti yang kalian lihat, saya tak mampu hidup dari 2,13 USD per jam. Jadi saya bisa mengandalkan kemurahan hati pelanggan saja," imbuh dia.

Video soal slip gaji Aaliyah pun kekinian ramai jadi perbincangan. Salah satunya dibagikan akun @sxbvna dan telah disaksikan lebih dari 9,4 juta. (*Husna Rahmayunita)

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat Cromboloni yang Viral, Simak Resepnya di Sini