Senin, 29 April 2024
Yasinta Rahmawati | Arendya Nariswari : Kamis, 27 Februari 2020 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Menjelajah Kota Yogyakarta, rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi sajian kuliner tradisionalnya. Salah satu yang wajib kalian cicipi ketika berlibur ke Yogyakarta ialah burger dengan kearifan lokal alias jadah tempe.

Banyak trik untuk menyantap jadah tempe yang jadi camilan legendaris favorit Sri Sultan Hamengku Buwono IX ini. Salah satunya dengan cara ditumpuk layaknya sajian burger.

Tak khayal jika sajian jadah tempe ini juga kerap disebut dengan burger Jawa. Dua jadah atau olahan ketan warna putih ini ditangkupkan dengan posisi tempe di bagian tengahnya.

Salah satu jadah tempe legendaris di Yogyakarta ialah buatan Sostro Dinomo alias Mbah Carik.

Ya, Jadah Tempe Mbah Carik ini sudah populer sejak tahun 1950 silam dan tergolong dalam kuliner legendaris di Yogyakarta.

Lokasi dari Jadah Tempe Mbah Carik sendiri berada di Jalan Kaliurang Kilometer 12,5, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Bagi kalian yang mungkin merasa Kaliurang letaknya terlalu jauh, Jadah Tempe Mbah Carik kini baru saja membuka cabang baru lho.

Jadah Tempe Mbah Carik cabang baru di Palagan. (Instagram/@wisatasleman)

Dikutip Guideku.com dari laman Instagram @wisatasleman dan @kulineryogya, Rabu (26/2/2020), cabang baru Jadah Tempe Mbah Carik ini berada di Jalan Palagan Kilometer 14.

Nah, bagi kalian yang mungkin menginap di daerah Palagan, jangan lupa untuk mencicipi burger kearifan lokal atau burger Jawa alias jadah tempe ini ya!

BACA SELANJUTNYA

Malaysia Larang Penjualan Minuman Khas Indonesia, Bisa Didenda Rp33 Juta