Sabtu, 04 Mei 2024
Silfa Humairah | Arendya Nariswari : Rabu, 18 Maret 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Ketika musim hujan tiba, tak heran jika banyak orang mencari santapan hangat demi mengisi perut yang sedang kosong. Salah satu sajian di kala hujan yang cukup digemari masyarakat Indonesia ialah siomay.

Sajian yang terbuat dari olahan tepung dan daging ikan ini, umumnya dijajakan oleh penjual sambil berkeliling membawa gerobak menuju sejumlah kompeks permukiman warga.

Bicara soal siomay, belum lama ini netizen dikejutkan oleh sebuah cuplikan video singkat yang diunggah lewat sebuah akun Twitter.

Dalam video singkat berdurasi 28 detik tersebut tampak seorang penjual siomay sedang mengambil air hujan yang mengalir dari atas gerobaknya.

Air yang mengalir dari gerobaknya tersebut dikumpulkan menggunakan sebuah botol minuman oleh penjual siomay tersebut.

"Wah enak nih kelihatannya, makanan apa ini? Bakso? Harusnya warga +62 kebal terhadap virus corona Secara udah terlatih dari kecil untuk masukin segala macam virus ke perut, selamat makan siang semuanya," cuit akun @Lady_StayClassy, dikutip Guideku.com, Rabu (18/3/2020).

Bikin Syok, Penjual Siomay Ini Ambil Air Rebusan dari Tempat Tak Terduga. (Twitter/@Lady_StayClassy)

Ternyata, air hujan yang diambil oleh penjual siomay tadi kemudian ditumpahkan ke dalam panci besar berisi dagangannya tersebut.

Tentu saja, hal ini membuat netizen melongo ketika melihat pria tersebut menjadikan air hujan untuk merebus siomay yang hendak dijual itu.

"Dia ambilnya dari atap gerobak, padahal tadi malam misalnya ada tikus kencing di atas gerobaknya apa nggak apa-apa? Meskipun cuman buat tambahan air kukusan saja," sebut salah seorang netizen.

Bikin Syok, Penjual Siomay Ini Ambil Air Rebusan dari Tempat Tak Terduga. (Twitter/@Lady_StayClassy)

Tetapi tidak sedikit pula yang menganggap bahwa hal itu wajar saja karena air hujan tadi hanya sebagai air kukusan bukan untuk kuah.

"Air hujan itu suci bro, wah nggak pernah belajar agama sih lu," ungkap salah seorang netizen.

"Ini jual siomay, air perlu untuk dididihkan sehingga keluar uap panas, airnya bukan untuk kuah, begitu yang saya tahu," imbuh netizen lainnya.

Hingga artikel ini ditulis, cuitan tentang air hujan yang digunakan untuk merebus siomay tersebut telah mendapatkan lebih dari 16 ribu retweet dan 27 ribu likes dari netizen. Bagaimana menurut kalian, higienis atau tidak ya air hujan yang digunakan untuk air kukusan siomay ini?

BACA SELANJUTNYA

Laris Manis! Pedagang Siomay Ini Bisa Raup Omzet Jutaan Rupiah Per Hari