Senin, 21 September 2020
Silfa Humairah : Senin, 03 Agustus 2020 | 09:30 WIB

Guideku.com - Masih ada stok daging di rumah? cara terbaik yang familiar untuk menyimpan daging ialah memasukkannya ke dalam freezer atau kulkas. Namun, berapa lama daging tahan di kulkas?

Waktu penyimpanan daging di kulkas berbeda-beda tergantung jenis dagingnya dan suhu kulkas. Menyimpan daging dalam kulkas pun perlu teknik khusus agar awet dan tahan lama. Berikut ini waktu yang tepat untuk menyimpan daging sesuai jenisnya.

Daging merah

Daging merah bisa bertahan hingga lima hari di dalam kulkas. Namun, jika disimpan di dalam freezer, daging bisa bertahan hingga 1 tahun. Sedangkan daging merah yang sudah dimasak bisa bertahan hingga 4 hari di dalam kulkas. Namun jika disimpan di dalam freezer bisa bertahan antara dua hingga 6 bulan.

 Daging giling

Penjualan daging sapi di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/6).

Daging giling berjenis sapi, kambing, maupun unggas, bisa bertahan hingga 2 hari di dalam kulkas. Namun, apabila dimasukkan ke dalam freezer, daging bisa bertahan hingga 4 bulan.

Daging yang sudah melalui pemrosesan

Jenis daging yang dimaksud ialah kornet, ham, hingga bacon, atau jenis daging yang sudah matang dan siap santap. Jika jenis daging ini dimasukkan ke dalam kulkas dan dalam keadaan kemasan belum dibuka, maka daging bisa bertahan sampai lima hari. Sedangkan jika dimasukkan ke dalam freezer bisa bertahan hingga 1 tahun.

Daging kaleng

Daging kaleng biasanya berupa daging ayam, ikan tuna, dan sarden yang sudah dibumbui dalam kaleng. Daging seperti ini bisa bertahan lima hari di dalam kulkas tanpa pengawet. Daging kaleng tidak boleh dibekukan. Karena ketika akan dimasak ia akan mencair dan mempengaruhi tekstur serta cita rasanya.

Penting untuk Anda mengetahui jenis daging dan suhu kulkas, agar proses penyimpanan daging bisa lebih maksimal. (Dany Garjito)

BACA SELANJUTNYA

Bukannya Dijadikan Jus, Orang Ini Malah Buat Sate dari Buah Semangka