Sabtu, 20 April 2024
Silfa Humairah : Jum'at, 07 Agustus 2020 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Selain sayuran dan buah, penting juga untuk memperhatikan menu makanan berat dengan olahan yang tepat, seperti sajian Tahu Tuna Jeletot yang Suara.com rekomendasi.

Mengikuti pola makan sehat jadi rekomendasi untuk imun yang baik khususnya selama pandemi ini.

Tidak digoreng melainkan dikukus, membuat Tahu Tuna Jeletot jadi menu sehat yang lezat. Jadi langsung pingin buat di rumah? Catat bahan dan cara membuatnya dirangkum Suara.com dari instagram @maccby_kitchen.

Bahan :

500 gr Daging tuna Fillet
Tahu secukupnya
12 sendok makan Tepung Sagu, 50 gr Es Batu (sekitaran 3-4 cube)
1 butir Putih Telur
3 sendok teh Garam
2 sendok teh Merica Bubuk
1 sendok teh Baking Powder
3 siung Bawang Putih
Secukupnya Daun bawang

Bahan isian sambal :

1 buah bawang putih
7-10 buah Cabe rawit (ikut selera)
1 sendok teh kaldu bubuk
1/2 sendok teh garam
Kukus bawang putih, cabe smpe layu, lalu uleg dgn kaldu bubuk dan garam sampai halus

Langkah langkahnya:

Potong-potong daging tuna kecil-kecil lalu masukkan ke dalam food processor atau blander sedikit demi sedikit, giling sampai halus, masukkan bawang putih, dah es batu secara bertahap.

Setelah tuna sudah halus masuk kan putih telur, tepung tapioka, garam, merica, baking powder proses lagi sampai tercampur rata dan benar-benar halus, terakir tambahkan daun bawang, aduk rata.

Lalu siapkan tahu, belah tengahnya, lalu ambil adonan secukupnya, dan masukan adonan dalam tahu yang sudah dibelah, isi tahu sampai penuh ya terus beri isian sambalnya jangan lupa, lalu tangkupkan perlahan, lakukan sampai adonan habis.

Didihkan air pada kukusan dengan api sedang saja, setelah keluar uapnya baru tata tahu diatas kukusan, lalu kukus kurang lebih 25 menit sampai matang. Angkat, lalu sajikan.

Kalau mau dibuat stok abis diangkat dari kukusan lalu biarkan dingin dulu baru disimpan dalam kotak makan baru masuk frezzer.

BACA SELANJUTNYA

Resep Masakan Praktis dan Murah Tahu Cabe Garam Cocok untuk Anak Kos