Minggu, 28 April 2024
Hiromi Kyuna : Senin, 30 Agustus 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Semangka dikenal sebagai buah tropis dengan kandungan air yang cukup tinggi. Tak heran semangka menjadi salah satu buah yang sangat menyegarkan.

Seorang pria lulusan teknologi pangan mencoba melakukan penelitian pada semangka. Dalam video yang diunggah di akun TikTok @naktekpang, pria bernama Dennis ini bereksperimen mengeringkan semangka. Hal tersebut ia lakukan atas permintaan dari seorang warganet.

Dennis menyebutkan bahwa kandungan air di semangka mencapai 90 persen. Fakta ini membuat banyak orang penasaran bagaimana jadinya saat buah semangka dikeringkan.

Pertama, Dennis memotong semangka secara rapi dan presisi. Dennis membagi semangka menjadi tiga grup dengan ukuran ketebalan yang berbeda.

Masing-masing semangka memiliki ketebalan 1,5 sentimeter, 1 sentimeter, dan 0,5 sentimeter. Semua semangka tersebut dipotong dengan panjang 12 sentimeter dan lebar 3 sentimeter.

Mengeringkan semangka (TikTok @naktekpang)

Ia ingin mengetahui ketebalan mana yang paling pas untuk membuat semangka kering. Selanjutnya, ia menata potongan semangka di alat dehidrator atau pengering.

Dennis mengatur proses pengeringan tersebut selama 15 jam. Setelah proses pengeringan selesai, ia membuka alatnya dan tampak semangka sudah menyusut.

Meski menyusut, ketebalan semangka tetap berbeda-beda. Hasilnya, semangka paling tipis terasa renyah namun tetap kenyal seperti permen. Aroma semangkanya hampir tak ada dan hanya tersisa rasa manis.

Semangka kedua juga kenyal namun tak serenyah yang sebelumnya. Sedangkan semangka terakhir yang paling tebal memiliki tekstur paling kenyal, bahkan mirip daging.

Dennis mengatakan paling suka dengan semangka tertipis. Ia juga mengatakan ini sangat cocok untuk orang yang ingin membuat camilan dari semangka.

Sementara itu, hingga Senin (30/8/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali di TikTok.

Untuk melihat video selengkapnya, klik di sini!

BACA SELANJUTNYA

Ditonton Hingga 50 Juta Kali, Aksi Pria Bikin Semangka Goreng Buat Heran