Senin, 29 April 2024
Hiromi Kyuna : Sabtu, 04 Desember 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Belakangan ini harga minyak goreng tengah melonjak. Tak heran banyak orang memikirkan solusi atas hal ini.

Banyak orang yang meminimalisir penggunaan minyak goreng, atau bahkan menggantinya dengan bahan lain. Siapa sangka seorang pria memilih mengganti minyak dengan pasir.

Pria tersebut pun mencoba untuk mengganti minyak dengan pasir untuk menggoreng kerupuk. Percobaan menggoreng kerupuk dengan pasir itu ia bagikan melalui akun TikTok @wahjoenovianto.

Dalam unggahan itu, pria ini tak menggunakan pasir biasa. Pasir tersebut ia beli di e-commerce dengan nama produk Pasir Sangrai.

Pasir Sangrai sudah melalui proses sterilisasi terlebih dahulu sehingga lebih aman untuk digunakan memasak. Penjual menyebutkan bahwa pasir tersebut sudah melalui proses pencucian, perebusan, penyangraian hingga penyortiran sehingga pembeli tak perlu ragu menggunakannya untuk memasak.

Menggoreng kerupuk pakai pasir (TikTok @wahjoenovianto)

Pertama pria ini memasukkan pasir di sebuah penggorengan. Awalnya ia sempat bingung karena ini adalah pertama kalinya.

Namun ia tetap melanjutkan memasak kerupuk itu dengan pasir dan berhasil. Ia memasukkan kerupuk ke dalam pasir yang sudah panas.

Setelah itu, kerupuk itu diaduk dan dibolak-balikkan di dalam pasir. Benar saja, kerupuk itu mengembang, matang, dan tetap renyah.

Menggoreng dengan pasir ini diklaim lebih sehat karena minim kolesterol. Tak heran hal ini bisa jadi solusi untuk mengganti minyak goreng.

Video ini menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Wahh minyak lagi mahal, ini bisa buat alternatif nih," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Kalau di Cirebon ada kerupuk melarat yang digoreng pakai pasir," ujar warganet ini.

"Wah boleh nih ngurangin kalori karena nggak pakai minyak. Kolesterol juga jadi lebih sedikit," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Jumat (3/12/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 600 ribu kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

BACA SELANJUTNYA

Tertukar Minyak dengan Gula Cair, Wujud Ayam Goreng Krispi Ini Bikin Ngakak