Selasa, 30 April 2024
Hiromi Kyuna : Selasa, 12 April 2022 | 15:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Kopi di kebanyakan kafe memiliki proses pengolahan yang berbeda dengan kopi sachet. Biasanya, para barista akan mengekstrak bubuk kopi asli menggunakan alat khusus untuk menghasilkan espresso.

Lantas bagaimana saat kopi sachet dicoba dibuat menjadi espresso? Akun TikTok @kopibor.id pun mencoba membuat espresso dari kopi sachet Luwak White Coffee.

Percobaan ini berawal dari komentar warganet yang penasaran dengan hasil espresso yang terbuat dari bubuk kopi sachet. Pertama, ia menimbang bubuk kopi itu sebanyak 14 gram.

Setelah itu, barista ini mencoba melakukan tamping atau memadatkan bubuk kopi. Sayangnya, bubuk kopi sachet tersebut sangat sulit dipadatkan karena partikelnya terlalu halus.

Akhirnya, ia memadatkan kopi itu dengan sangat santai. Setelah proses tamping selesai, pembuatan espresso pun dimulai.

Espresso dari kopi sachet (TikTok @kopibor.id)

Ia menggunakan alat khusus pembuat espresso dan menuangkan air panas ke atasnya. Ternyata setelah dituang, air panas itu langsung keluar begitu saja seperti tanpa melalui proses.

"Ternyata pas dicoba gembos, keluar gitu aja, tapi ini yang terbaik karena kita udah ngulang dua kali dan tetap sama," ujarnya dalam video tersebut.

Barista itu lantas menyicipi kopi sachet Luwak White Coffee versi espresso ini. Ternyata rasanya sangat cair dengan rasa kopi yang tipis.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Itu nggak bisa di-tamping karena dia udah ada tambahan gulanya. Coba aja yang belum pakai gula, pasti bisa di tamping," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Itu kopinya udah di ekstraksi, mana bisa diekstrasi lagi huhu," ujar warganet ini.

"Emang paling benar kopi sachet langsung seduh aja deh," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Selasa (12/4/2022), video kopi sachet dibuat espresso ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

BACA SELANJUTNYA

Auto Diborong, Kopi Sachet Spesial Ikatan Cinta Ini Berhadiah Sendok Korea