Minggu, 28 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Rabu, 19 Juli 2023 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pernahkah Anda mendengar tentang garam Inggris? Jenis garam ini memang lebih dikenal dengan garam Epsom karena di sanalah garam ini pertama kali ditemukan.

Namun, apa yang membedakan jenis garam ini dengan garam biasa yang sering kita pakai sehari-hari?

Apa Itu Garam Inggris?

Ilustrasi garam. (Shutterstock)

Garam Epsom atau sulfat magnesium heptahidrat adalah jenis garam yang mengandung magnesium dan sulfur. Selain melezatkan makanan, garam ini juga sering dipakai untuk berendam air hangat meredakan otot yang tegang dan mengurangi stres.

Magnesium dalam garam Epsom dapat diserap melalui kulit dan memberikan manfaat relaksasi. Garam Epsom juga digunakan dalam perawatan kecantikan, seperti scrub tubuh dan masker wajah, untuk membersihkan dan menghaluskan kulit.

Meskipun umumnya dianggap aman, tetap perhatikan petunjuk penggunaan dan konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang spesifik sebelum menggunakan garam Epsom.

Apa Perbedaan Garam Inggris dengan Garam Biasa?

Perbedaan antara garam Epsom dan garam biasa terletak pada komposisi dan manfaat yang dimiliki.

Garam Epsom atau sulfat magnesium heptahidrat mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium dalam garam Epsom dapat diserap melalui kulit saat digunakan dalam mandi, memberikan manfaat relaksasi otot hingga mengurangi nyeri.

Di sisi lain, garam biasa, seperti garam meja, tidak mengandung magnesium sebanyak garam Epsom. Garam biasa umumnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan dan tidak memberikan manfaat yang sama dalam hal relaksasi dan perawatan kesehatan.

Kelebihan Garam Inggris

Meski harganya memang cenderung lebih mahal, berikut adalah kelebihan lain bisa Anda dapatkan dari garam Inggris.

Kaya akan magnesium

Magnesium dapat diserap melalui kulit, membantu meredakan otot yang tegang, mengurangi nyeri, dan meningkatkan relaksasi.

Memberi manfaat bagi kesehatan

Magnesium dalam garam Epsom diyakini dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kekakuan sendi, dan bahkan membantu meredakan gejala gangguan tidur.

Efek detoksifikasi

Saat ditambahkan ke dalam air mandi, garam Epsom diklaim dapat membantu membuka pori-pori kulit, memungkinkan tubuh untuk menghilangkan racun dan limbah melalui keringat.

Perawatan kecantikan

Garam Epsom dapat digunakan sebagai scrub tubuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan membuat kulit yang lebih halus dan segar.

BACA SELANJUTNYA

6 Kota yang Menyenangkan Dikunjungi Saat Musim Hujan