Minggu, 28 April 2024
Tiwi : Jum'at, 10 November 2023 | 19:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Kamu lagi di Garut? jangan lupa beli oleh-oleh untuk dibawa ke kota asal kamu yang dijamin teman atau keluarga pasti suka.

Garut merupakan salah satu kabupaten yang kaya akan kuliner, begitu juga makanan khas yang bisa dijadikan buah tangan.

Selain dodol yang sudah terkenal sebagai oleh-oleh dari Garut, ternyata cukup banyak juga makanan lainnya yang tidak kalah enaknya.

Bagi kamu yang suka makanan manis atau pedas, Garut juga punya daftar makanan mulai dari yang manis hingga pedas nampol.

Berikut ini bisa kamu simak enam makanan khas Garut yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kampung halaman.

1. Dodol

Dodol merupakan makanan unggulan dengan rasa manis yang seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh dari Garut.

Seiring berkembangnya dunia kuliner di Garut, Dodol juga kini terdapat berbagai varian rasa seperti buah-buahan, ketan hitam, dan lainnya.

2. Dorokdok

Bagi kamu yang punya keluarga suka ngemil yang kriuk-kriuk, dorokdok atau kerupuk kulit ini wajib dijadikan oleh-oleh.

Proses produksi dorokdok ini memang bisa dibilang cukup unik hingga bisa menciptakan rasa yang khas dan bikin ketagihan.

3. Sambal Cibiuk

Bagi kamu atau keluarga yang suka sambal, sambal Cibiuk yang cukup terkenal ini bisa dijadikan pelengkap kenikmatan saat makan.

Bahan-bahan yang digunakan, cara pembuatan, dan cita rasa yang khas dari sambal Cibiuk ini menjadikannya sebagai makanan pilihan untuk dijadikan oleh-oleh.

4. Burayot

Ada lagi makanan khas Garut yang manis selain dodol, inilah burayot yang terbuat dari tepung beras dan gula merah sehingga memiliki rasa manis.

Burayot ini banyak dijumpai di pinggir jalan sekitaran Leles, bahkan di beberapa lokasi lain di Garut juga sudah bermunculan yang menjualnya.

5. Jeruk Garut

Selain makanan olahan, Garut juga punya buah khas yaitu jeruk dengan bentuk dan rasa yang berbeda dari jeruk lainnya.

Oleh karena itu, sayang sekali jika kamu pulang dari Garut tapi tidak membawa jeruk Garut sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga.

6. Ladu

Ladu ini termasuk salah satu makanan khas Garut yang memiliki rasa manis dan pertama kali dikenalkan oleh warga Kecamatan Malangbong.

Rasa manis yang dimilikinya berasal dari gula aren dan gula kelapa yang dicampurkan dengan tepung ketan putih sebagai bahan utamanya.

7. Cipak Koceak

Bagi kamu atau keluarga yang suka makanan pedas, cipak koceak khas Garut yang dijamin pedasnya nampol ini wajib dicoba.

Cipak koceak yang terbuat dari tepung tapioka serta tepung terigu ini biasanya diisi dengan daging ayam cincang di dalamnya.

8. Moring

Makanan atau camilan yang satu ini juga harus dicoba dan dijadikan oleh-oleh, moring juga memiliki berbagai varian rasa dari yang original hingga pedas.

9. Surabi Garut

Makanan khas Garut yang cara pembuatannya unik ini wajib dicoba, bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga.

Surabi Garut ini merupakan makanan khas yang dipanggang di atas daun pisang atau cetakan khusus yang memiliki cita rasa tersendiri.

10. Endog lewo

Ada juga endog lewo, penyebutan nama makanan ini karena bentuknya yang menyerupai telur, sering disebut juga emplod.

Endog lewo ini juga camilan yang cocok disantap setiap saat, bisa juga dijadikan sebagai pelengkap saat makan nasi.

Itulah sepuluh makanan dan camilan khas Garut yang telah dirangkum dari berbagai sumber, cocok juga dijadikan sebagai oleh-oleh.

BACA SELANJUTNYA

Resep Mango Sticky Rice khas Thailand, Ternyata Bikinnya Semudah Ini