Sabtu, 27 April 2024
Caca Kartiwa : Kamis, 30 November 2023 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Kemenangan Belinda Christiani Sianto di MasterChef Indonesia Season 11 menuai kontroversi karena sejumlah netizen menganggap putusan juri yang berat sebelah.

Salah satu poin sindiran netizen terhadap Belinda terkait tudingan bahwa dirinya diistimewakan karena bersekolah di Le Cordon Bleu.

Le Cordon Bleu merupakan jaringan internasional sekolah kuliner dan perhotelan yang mengajarkan haute cuisine Prancis, manajemen perhotelan, seni kuliner, dan gastronomi.

Berdiri di Paris pada tahun 1895, institusi ini kini telah berkembang menjadi 35 institut di 20 negara, dengan lebih dari 20.000 siswa dari berbagai negara.

Le Cordon Bleu menawarkan beragam program seni kuliner, anggur, manajemen, dan perhotelan, termasuk diploma, gelar, dan sertifikat.

Institusi ini dianggap sebagai penjaga teknik kuliner Prancis dan terus melestarikan serta meneruskan penguasaan dan apresiasi seni kuliner yang telah menjadi dasar gastronomi Prancis selama lebih dari 500 tahun.

Tak hanya Belinda Christiani Sianto, sejumlah kontestan MasterChef Indonesia diketahui bersekolah lulusan dari Le Cordon Bleu.

Nadya Puteri
Nadya Puteri, salah satu alumni Le Cordon Bleu, menunjukkan bakat memasaknya setelah belajar di Le Cordon Bleu Sydney, Australia.

Terinspirasi oleh menonton MasterChef di berbagai belahan dunia, Nadya memutuskan untuk mengikuti kompetisi MasterChef Indonesia musim ke-8.

Meskipun tidak meraih juara pertama, namun Nadya tetap aktif di dunia kuliner dengan membuka kelas memasak, Bake Oz Studio, bersama rekannya Aurelia Searen Chang.

Jesslyn Lauwreen
Jesslyn Lauwreen, juara pertama MasterChef Indonesia musim ke-8, juga merupakan alumni Le Cordon Bleu. Jessie, demikian nama panggilannya, berhasil mengalahkan pesaingnya, termasuk Nadya Puteri, dalam ajang prestisius tersebut.

Jessie mengejar pendidikan kuliner dengan fokus pada masakan Thailand di Le Cordon Bleu Paris. Selama berkompetisi di MasterChef Indonesia, Jessie seringkali memamerkan kepiawaiannya dalam menciptakan hidangan gourmét.

Cheryl Puteri Gunawan
Cheryl Puteri Gunawan, pemenang MasterChef Indonesia musim ke-9, memiliki latar belakang pendidikan sebagai sarjana kuliner, seni, dan bisnis dari Le Cordon Bleu Wellington, Selandia Baru.

Cheryl berhasil mencapai kemenangan di atas peserta lainnya, menambahkan prestise Le Cordon Bleu dengan menjadi juara MasterChef.

Mario Oswin
Mario, yang mencuat namanya dalam kompetisi MasterChef Indonesia 10, ternyata adalah lulusan Le Cordon Bleu di Paris pada tahun 2021, meraih gelar Diplôme de Cuisine.

Keahlian memasaknya membuat ia mencapai posisi Top 3 dalam kompetisi tersebut.

Meski awalnya banyak mendapat kritik, namun ketiga juri MCI mengakui kemampuan Mario yang berkembang pesat selama kompetisi.

BACA SELANJUTNYA

Hati-hati! Daftar Kota di Eropa yang Rawan Pencopetan, Fuji Jadi Korban di Brussel Belgia