Sabtu, 27 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa : Rabu, 21 Februari 2024 | 17:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat. Tentu saja, ada berbagai alternatif yang tidak kalah sehat dan tentunya tetap mengenyangkan seperti makan nasi.

Sedang berencana mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain? Merangkum Dewiku.com, berikut beberapa makanan alternatifnya.

Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat kompleks yang cukup populer. Kentang juga kaya nutrisi, termasuk vitamin A, vitamin C, protein, serat, dan natrium. Konsumsi kentang yang direbus tanpa mengupas kulitnya dapat memenuhi asupan serat dan pati resisten yang baik.

Ilustrasi ubi jalar. (Pixabay/Buntysmum)

Ubi jalar

Uji jalar merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang kaya serat, gula, dan pati. Ubi jalar layak jadi pilihan karena kaya provitamin A, vitamin C, serta kalium yang cukup tinggi.

Pisang

Pisang juga kaya nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin B6, serat, mangan, kalium, potasium, dan magnesium. Pisang kerap jadi pilihan bagi para penderita diabetes karena mempunyai indeks glikemik yang rendah hingga sedang sehingga membantu menjaga kadar gula darah.

Jelai

Jelai adalah tumbuhan serealia dari suku padi-padian atau Poaceae serta serumpun dengan jagung dan sorghum, yaitu Adropogoneae. Jelai juga kaya kandungan berkhasiat, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, zat besi, dan vitamin B1.

Jagung

Jagung mempunyai banyak keistimewaan sebagai salah satu sumber karbohidrat. Jagung cocok dikonsumsi sebagai makanan utama pengganti nasi.

Singkong

Kandungan karbohidrat pada singkong hampir sama dengan nasi. Namun, perlu diketahui bahwa kandungan protein pada singkong memang termasuk kecil.

Sagu untuk papeda

Papeda kaya karbohidrat karena berbahan tepung sagu. Ini adalah sumber energi yang baik untuk tubuh. Dibuat dari tepung sagu, papeda juga bebas gluten sehingga membuat makanan ini cocok untuk orang-orang yang mempunyai alergi atau intoleransi gluten.

BACA SELANJUTNYA

Menu Sahur Sehat, Begini Cara Membuat Ayam Kukus Jahe