Sabtu, 27 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa : Senin, 25 Maret 2024 | 12:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Lebaran tanpa opor ayam yang disantap bersama ketupat rasanya kurang lengkap. Hidangan ini telah menjadi ciri khas perayaan Idul Fitri di Indonesia.

Sayangnya, penggunaan bahan santan sering kali dikhawatirkan membuat opor cepat basi. Tentu saja hal itu adalah situasi yang tidak diinginkan, apalagi jika membuatnya dalam porsi besar.

Bagaimana caranya supaya opor ayam tidak cepat basi? Dilansir dari Suara.com, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasak.

1. Gunakan santan dari kelapa tua

Memasak opor ayam menggunakan santan instan memang praktis. Walau demikian, jika ingin membuat opor yang lebih enak dan tahan lama, lebih disarankan memakai santan dari kelapa tua.

Ilustrasi santan (Pixabay/LisaRedfern)

2. Tumis bumbu sampai matang

Ketika menumis bumbu opor, pastikan semua bahan benar-benar matang hingga keluar aroma sedap. Setelahnya, baru masukkan daging ayam. Tingkat kematangan bumbu menjadi salah satu penentu opor ayam menjadi cepat basi atau tidak.

3. Gunakan api kecil

Kamu juga lebih disarankan untuk menggunakan api kecil saat memasak opor ayam untuk Lebaran. Selain itu, jangan lupa sering diaduk supaya santannya tidak gampang pecah.

Memasak dengan api besar berisiko membuat daging ayam tidak matang secara merata. Bumbunya pun bakal kurang meresap.

4. Cara menghangatkan kembali opor ayam

Tahapan ini juga tidak bisa asal-asalan. Demi menjaga kualitas rasa, cukup gunakan api kecil. Selain itu, tak perlu diaduk terus-menerus.

5. Cara menyimpan

Jangan nekat masukkan opor ayam ke kulkas dalam keadaan panas. Biarkan uap panasnya menghilang sampai mencapai suhu ruang dahulu. Setelahnya, baru simpan di dalam lemari pendingin.

Itulah sejumlah tips agar opor ayam tidak cepat basi. Semoga bermanfaat!

BACA SELANJUTNYA

Mudik Lebaran 2024 Naik Kereta, Masih Wajib Vaksin Covid-19?