Selasa, 20 Agustus 2019
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Selasa, 29 Januari 2019 | 13:15 WIB

Guideku.com - Berbanding terbalik dengan Korea Selatan, tak banyak opsi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dengan bebas di Korea Utara. Seringnya, para guide akan senantiasa mengikuti dan memandu turis saat melancong di Korea Utara.

Ya, terkenal dengan kehidupannya yang diatur ketat, wajar jika kita membayangkan liburan di Korea Utara akan jauh dari kata santai.

Namun, tahukah kamu kalau Korea Utara ternyata punya homestay yang berpemandangan indah dan dapat digunakan turis untuk bermalam?

Seperti dirangkum Guideku.com dari berbagai sumber, homestay yang terletak di area Gunung Chilbo ini ternyata pernah ditempati Kim Jong-il dan sekarang dibuka untuk turis.

Dikenal juga dengan nama Mt Chilbo Homestay, penginapan ini dibuka pada tahun 2006 silam. Saat itu pulalah, Kim Jong-il tinggal selama 2 malam di salah satu guest room yang ada.

Layaknya homestay lain, turis yang menginap di sini akan diperbolehkan untuk berbaur dengan warga Korea Utara yang ada di sekitar desa. Bahkan, turis juga bisa bertanding voli melawan warga sekitar.

Satu-satunya pengecualian ditujukan pada turis yang berasal dari Amerika Serikat. Berbeda dengan turis lain, turis Amerika diperbolehkan berkunjung tapi tidak menginap.

Selain berbaur dengan warga, turis bisa mendengar suara deburan ombak dan menikmati pemandangan laut Chilbo karena homestay ini memang bertempat dekat dengan pesisir.

Suasana rumah yang masih tradisional dan penuh pernak-pernik serta hiasan khas Korea Utara juga dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Bahkan, foto-foto Kim Jong-il dengan anaknya Kim Jong-un pun dipajang di homestay ini. Tak heran, Kim Jong-il memang mendapat julukan ''Dear Leader'' dari warga negaranya.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa warga tidak akan memberitahu kamar dan tempat tidur mana yang dulu pernah dipakai Kim Jong-il. Namun, banyak yang mengatakan bahwa dulu Kim Jong-il menempati kamar nomor 16.

Nah, apa kamu tertarik untuk mencoba tidur di tempat yang pernah dipakai menginap Kim Jong-il ini?