Minggu, 15 September 2019
Agung Pratnyawan | Amertiya Saraswati : Kamis, 06 Juni 2019 | 17:30 WIB

Guideku.com - Apa yang ada di pikiranmu saat bicara soal hotel? Yang pasti, kita akan terbayang sebuah tempat nyaman untuk beristirahat dan bersantai saat liburan.

Namun, jika kamu berkunjung ke India tepatnya ke kota Varanasi, maka kamu bisa menemukan sebuah hotel unik yang hanya didatangi orang-orang yang akan meninggal.

Dinamai Kashi Labh Mukti Bhawan atau Salvation House, hotel ini dikhususkan untuk menampung orang-orang yang merasa mereka hanya punya waktu beberapa hari sebelum meninggal dunia.

Ini dikarenakan kota Varanasi merupakan kota suci bagi umat Hindu di India sekaligus tempat sungai suci Gangg berada.

Hal itulah yang menyebabkan banyak umat Hindu percaya jika mereka yang meninggal di Varanasi dapat meninggal dengan tenang dan tidak perlu bereinkarnasi kembali.

Hotel untuk meninggal dunia di India (Google Maps)

Orang-orang ini akan menginap di bangunan era kolonial yang ada sambil menunggu waktu mereka untuk meninggal dunia tiba.

Pada umumnya, mereka yang datang akan meninggal dalam waktu beberapa hari. Sementara, batas waktu untuk menginap di hotel ini adalah 2 minggu.

Meski begitu, bukan berarti semua yang datang pasti meninggal. Menurut pengurus Salvation House, ada kalanya tamu tetap hidup meski mereka sudah sakit parah.

"Kadang-kadang kami meminta keluarga mereka untuk membawa mereka pulang dan kembali nanti. Kadang kami membiarkan mereka tinggal lebih lama."

Kremasi di Sungai Gangga, India (Pixabay/Simon)

Meski begitu, jumlah umat Hindu yang berkunjung ke Salvation House tetap tidak berkurang. Bahkan, ada yang rela traveling jauh-jauh dari negara lain demi meninggal di sana.

Sejak didirikan tahun 1908 silam, totalnya ada 15.000 orang lebih yang sudah meninggal di hotel ini.

Selepas meninggal, orang-orang ini pun akan dikremasi di tepi sungai Gangga yang lantas menjadi tempat peristirahatan terakhir mereka.