Minggu, 15 September 2019
Dany Garjito : Minggu, 16 Juni 2019 | 07:00 WIB

Guideku.com - Tujuh orang tewas karena kehabisan udara saat membersihkan septic tank atau tempat pembuangan kotoran manusia di sebuah hotel yang terletak di India bagian barat.

Dilansir dari AFP, polisi setempat mengatakan bahwa tujuh pekerja tersebut melakukan pekerjaannya tanpa dilengkapi alat-alat keselamatan.

Alhasil kini pemiliki hotel telah ditetapkan sebagai tersangka karena dinilai lalai sehingga menyebabkan kematian. Peristiwa itu sendiri terjadi Jumat (14/6/2019) di Vadodara, Negara Bagian Gujarat.

Dari tujuh orang pekerja yang tewas itu, empat di antaranya ditugaskan untuk membersihkan septic tank. Sementara tiga lainnya hanya untuk membantu.

"Pertama, satu pekerja memasuki lubang. Tetapi ketika ia tak kunjung kembali dan tak menjawab panggilan rekan-rekannya, tiga orang lainnya ikut turun untuk menolongnya," kata Nikunj Azad, petugas pemadam kebakaran yang membantu mengevakuasi para korban.

Lalu ketika empat orang di dalam lubang tadi tak kunjung kembali, tiga pekerja lainnya ikut turun ke dalam septic tank tersebut. Mereka bertujuh tewas di dalam lubang yang sama.

"Jasad mereka telah dievakuasi dan akan diautopsi," kata Azad.

Kasus seperti ini di India bukan yang pertama. Para korban lazimnya berasal dari kelompok kasta terendah dalam struktur masyarakat negara tersebut, karena mereka yang biasanya diberikan pekerjaan-pekerjaan yang dianggap kotor atau menjijikan.

Tahun 2018 lalu misalnya, lima orang tewas di New Delhi ketika sedang membersihkan sebuah fasilitas pengolahan limbah rumah tangga.

Berdasarkan sebuah survei independen di India, sekitar 1.370 orang di India tewas setiap tahun karena membersihkan kotoran dalam septic tank atau lubang limbah rumah tangga.

SUARA.com/Liberty Jemadu