Minggu, 05 Mei 2024
Rendy Adrikni Sadikin | Amertiya Saraswati : Kamis, 09 Agustus 2018 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Tur pesiar di sekitar lingkar Kutub Utara tampaknya tengah menjadi tren belakangan ini. Bagi para traveler, bisa berkunjung ke daerah kutub pastinya merupakan pengalaman yang berkesan dan bisa dibilang “wah banget!”.

Namun, baru-baru ini, tur yang menggunakan kapal pesiar bernama MS Bremen malah berakhir membawa korban. Tidak tanggung-tanggung, tur ini telah membuat seekor beruang kutub tewas tertembak.

Kejadian tersebut terjadi kala kapal pesiar MS Bremen merapat di bagian utara kepulauan Svalbard, daerah antara Norwegia dan Kutub Utara yang cukup terpencil dan dihuni beruang kutub.

Dilansir dari Sydney Morning Herald, beruang kutub ini rupanya menyerang salah satu guard yang bertugas melindungi turis, sehingga rekannya pun terpaksa menembak mati si beruang dan mengklaimnya sebagai aksi 'melindungi diri'.

Beruang Kutub Tewas Akibat Tur Pesiar (Sydney Morning Herald)

Meski sebagai perlindungan diri, kejadian ini telah membuat tren tur pesiar di kutub mendapat kritikan tajam.

Bukan hanya mahal, tur pesiar macam ini sebenarnya memiliki dampak buruk bagi ekosistem kutub. Kapal-kapal pesiar mewah ini dapat membuat es kutub semakin rusak dan mencair.

Beruang Kutub dan es yang mencair (pixabay)

Jadi, bukan hanya kematian beruang kutub ini saja, nyawa hewan-hewan lain yang tinggal di sana bisa ikut terancam lho, guys! Padahal, mereka ini sudah dikategorikan sebagai spesies yang rentan menghadapi kepunahan.

Tidak hanya itu, nyawa kita sebagai traveler pun juga bisa terancam jika serangan macam ini terjadi lagi.

Traveling memang asyik, tapi jangan sampai merugikan diri sendiri, hewan-hewan, dan lingkungan di sekitar kita, ya! Ingat, kita tidak sendiri lho di Bumi ini!

BACA SELANJUTNYA

Sensasi Berada di Kota Paling Dingin di Muka Bumi