Rabu, 01 Mei 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati : Minggu, 12 Agustus 2018 | 13:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Kalau kamu mendapat kesempatan untuk traveling ke Mesir, apa saja sih yang ingin kamu kunjungi? Pastinya, kita ingin melihat langsung seperti apa Piramida Giza yang merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia. Selain itu, pasti juga ingin berfoto dengan Great Sphinx of Giza.

Namun, baru-baru ini, ada lagi objek peninggalan sejarah yang bisa kamu kunjungi di Mesir.

Perlu kamu tahu, patung yang memiliki badan singa dan kepala manusia ini dibangun oleh rakyat Mesir Kuno untuk menghormati pharaoh yang merupakan sebutan bagi pemimpin yang berkuasa pada saat itu.

Tampak Samping Patung Sphinx. (Pixabay)

Tidak heran jika para arkeolog berpikir bahwa Great Sphinx of Giza bukanlah satu-satunya sphinx yang dibangun rakyat Mesir Kuno. Bagaimanapun juga, pharaoh yang berkuasa tidak cuma satu, kan?

Dan ternyata teman travelers, anggapan para arkeolog ini benar, lho!

Dilansir dari berbagai sumber, patung sphinx kedua ini ditemukan oleh pekerja konstruksi jalan setelah 4000 tahun lamanya terkubur.

Awalnya, pemerintah Mesir berniat untuk memperbaiki jalan antara kuil Karnak dan Luxor. Namun, proyek ini terpaksa ditunda setelah para pekerjanya tidak sengaja menemukan patung sphinx kedua di lokasi proyek.

Patung sphinx kedua ini terletak 6 mil jauhnya dari kuburan para pharaoh, atau yang biasa disebut Valley of the Kings.

Tampak Depan Patung Sphinx. (Pixabay)

Meski begitu, hingga saat ini patung sphinx kedua itu belum bisa digali sepenuhnya karena kondisi lingkungan. Foto-foto sphinx kedua ini juga belum beredar di media sosial.

Pemerintah Mesir juga belum mengambil keputusan lebih lanjut mengenai penggalian sphinx kedua ini.

Namun, tidak perlu khawatir. Walau belum sepenuhnya tergali, turis tetap diizinkan untuk mengunjungi situs tempat ditemukannya sphinx kedua ini, lho! Duh, jadi bikin penasaran, ya!

BACA SELANJUTNYA

Keren Maksimal, Ini 5 Foto Wisata Baru The Great Asia Africa di Lembang