Jum'at, 03 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini | Arendya Nariswari : Rabu, 15 Agustus 2018 | 09:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Tak lama lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Seperti biasa masyarakat Indonesia biasanya melaksanakan pemotongan hewan kurban setelah melaksanakan salat Idul Adha bersama. Hari Raya Idul Adha tahun 2018 diperkirakan akan jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018.

Nggak cuma Indonesia aja, ternyata beberapa negara juga ikut merayakan Hari Raya Idul Adha, lho! Penasaran kan, negara mana aja yang juga merayakan Hari Raya Idul Adha? Berikut Guideku.com punya daftar lengkapnya khusus buat kalian di bawah ini.

1. Arab Saudi

Perayaan Idul Adha di Arab Saudi. (Instagram/@khilal_hamdan)

Berbeda dengan Indonesia, warga Arab Saudi sebagian besar menjadikan hewan ternak unta untuk disembelih sebagai hewan kurban. Biasanya jumlah sapi yang dikurbankan di Arab Saudi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan unta.

Nggak cuma itu aja, Kerajaan Arab Saudia juga nggak lupa membagikan daging kurbannya ke negara-negara lain yang membutuhkan lho. Keren kan?

2. Pakistan

Perayaan Idul Adha di Pakistan. (Pinterest.com)

Pakistan memiliki cara yang unik guys, sebelum menyembelih hewan kurban. Negara ini punya tradisi memandikan hewan kurban terlebih dahulu sebelum disembelih.

Ngga cuma itu aja, hewan yang akan disembelih nantinya juga didandani dengan berbagai pernak-pernik lho. Lucu banget kan?

3. Amerika Serikat

Perayaan Idul Adha di Amerika Serikat. (Instagram/@shooters_shoot)

Kalau berbagai negara melakukan penyembelihan hewan kurban di area sekitar masjid, lain halnya dengan Amerika. Bukan dalam area lapangan juga, Amerika melakukan penyembelihan di rumah pemotongan hewan.

Setelah disembelih, daging-daging tadi didistribusikan ke orang-orang yang membutuhkan di sekitar wilayah Amerika. Hal tersebut dilakukan demi tidak terjadinya permasalahan dengan aktivis Animal Slaughter.

4. India

Perayaan Idul Adha di India. (Indianexpress.com)

India juga termasuk negara yang merayakan Hari Raya Idul Adha. Bagi kalian yang kebetulan sedang mengunjungi destinasi wisata India, kalian bisa mampir ke masjid di wilayah New Delhi untuk melaksanaan Salat Ied dan pemotongan hewan kurban.

Karena sapi dianggap suci di India, banyak masyarakat yang mengganti hewan kurban mereka dengan unta dan domba. Jadi di sini kalian akan jarang menemukan hewan sapi disembelih.

5. Turki

Perayaan Idul Adha di Turki. (Instagram/@teresachambel)

Dalam bahasa Turki, Hari Raya Idul Adha disebut Baqri Eid yang artinya festival sapi. Berbeda dari negara lain, Turki merayakan Idul Adha selama empat hari. Dimana, pada empat hari tersebut warga Turki diliburkan untuk merayakan Hari Raya Idul Adha.

Berbeda dengan Indonesia, negara ini membagikan hewan kurbannya yang telah diolah menjadi kuliner Turki kepada masyarakat.

BACA SELANJUTNYA

5 Kuliner Idul Adha Terpopuler dari Berbagai Negara, Yuk Cobain