Rabu, 24 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Sabtu, 18 Agustus 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Terletak di Surabaya, tepatnya di daerah pesisir yang menghadap Selat Madura, berdirilah sebuah benteng pertahanan peninggalan Belanda.

Sebagian besar dari kita mungkin masih awam dengan nama benteng ini. Wajar saja, letaknya yang jauh dari kota membuat keberadaan benteng ini sedikit terlupakan.

Benteng Kedung Cowek terletak di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Meski jarang dikunjungi, banyak warga yang menyebut benteng ini sebagai Gudang Peluru.

Benteng ini sendiri terdiri dari beberapa bangunan bunker yang terpisah. Meski usianya sudah tua, tapi bangunan benteng ini masih kokoh, lho.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan laut Selat Madura dari sini. Wow banget, kan?

Benteng Kedung Cowek, Surabaya (instagram.com/ansel.journey)

Kekurangan benteng ini adalah banyaknya tumbuhan rambat dan semak liar yang melingkupi bangunan benteng.

Halamannya pun kotor, juga digunakan sebagai rumah ular dan binatang berbisa lainnya. Sayang sekali, ya.

Benteng ini didirikan oleh pemerintah Belanda untuk mengantisipasi serangan militer dari laut. Di sini, kamu bisa menemukan ruangan yang memiliki lubang-lubang kecil serta ventilasi untuk mengintai musuh.

Tidak hanya itu, ada juga bangunan berbentuk setengah lingkaran yang diperkiran sebagai bekas landasan meriam atau tank.

Benteng Kedung Cowek, Surabaya (instagram.com/asfabilaros)

Saat ini, baru sebagian dari benteng Kedung Cowek yang sudah dibersihkan dan bisa dimasuki pengunjung. Itu pun kamu harus izin dengan pihak TNI yang menjaga benteng tersebut.

Meski begitu, Pemerintah Kota Surabaya telah berencana untuk bekerja sama dengan Kodam V Brawijaya dan membuat Benteng Kedung Cowek sebagai tempat Wisata Bunker.

Mari berharap saja agar Benteng Kedung Cowek ini bisa segera dibersihkan dan dibuka untuk umum, ya!

BACA SELANJUTNYA

Cerita Pengalaman Naik Kapal dari Surabaya ke Lombok, Fasilitasnya Mantap!