Senin, 29 April 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Senin, 03 September 2018 | 08:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Kebakaran hutan melanda Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jawa Timur. Padang Sabana yang terletak tepat di kawasan Gunung Bromo menghitam dilalap si jago merah.

Dihimpun Guideku.com dari berbagai sumber, kebakaran di Gunung Bromo ini terjadi pada (1/9/18) kurang lebih sekitar pukul 09.50 WIB.

Musim kemarau disertai hembusan angin yang cukup kencang membuat api merambat cukup cepat. Sedihnya lagi nih, travelers, hamparan bunga Edelweis dan beberapa pohon cemara di Tengger ini juga turut terbakar.

Sejumlah upaya pemadaman dilakukan oleh petugas TNBTS, mulai dari penggunaan tangki gendong hingga ranting basah. Hal ini dilakukan guna mencegah api semakin meluas di beberapa wilayah.

Sempat ditutup karena kebakaran, wisata Jemplang di kawasan Gunung Bromo kembali dibuka pada (2/9/18) sore hari. Sampai saat ini belum diketahui pasti apa penyebab dari terbakarnya 65 hektar lahan di Gunung Bromo tersebut.

Kebakaran di wilayah lereng Gunung Bromo. (Twitter.com/BPBD Kab. Malang)

Sejumlah penyebab kebakaran di Gunung Bromo masih diselidiki oleh para petugas TNBTS, mulai dari faktor cuaca hingga kemungkinan kelalaian manusia.

Yang jelas saat ini sebagian besar lahan yang terbakar di sekitar wisata Gunung Bromo telah berhasil dipadamkan.

Semoga penyebab kebakaran di Gunung Bromo segera ditemukan ya travelers, agar kejadian ini tidak terulang lagi. Save our planet travelers, tetap jaga kebersihan dan lingkungan ya, jika kalian sedang berkunjung ke tempat wisata.

BACA SELANJUTNYA

Inilah Destinasi Wisata Populer di Malang Jawa Timur yang Jadi Primadona Wisatawan!