Senin, 06 Mei 2024
Dany Garjito | Aditya Prasanda : Kamis, 06 September 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Bangkok, kota berpenghuni lebih dari 10 juta penduduk ini diperkirakan akan tenggelam dalam kurun waktu sepuluh tahun ke depan.

Para pakar dalam laporan yang diterbitkan AFP menyebut, kota Bangkok perlahan akan tenggelam satu hingga dua sentimeter setiap tahunnya.

Apa pasal? banjir hebat yang melanda ibukota Thailand ini setiap tahunnya diperparah dengan jumlah penduduk yang kian sesak dan tak berimbang dengan pembenahan kotanya.

''Menjelang 2030, nyaris 40 persen kota Bangkok akan tenggelam oleh air sebab perubahan cuaca dan curah hujan yang ekstrem,'' lapor World Bank.

Pasar Apung di Thailand. (Unsplash)

Greenpeace bahkan menyebut sebagian besar kota Bangkok telah berada di bawah permukaan laut. Sementara setiap tahunnya, permukaan laut Thailand selalu naik empat milimeter.

Konon, pembangunan cepat tanggul-tanggul di sekitar daerah itu dapat menyelamatkan kawasan bisnis Bangkok yang selama ini jadi pusat perputaran uang Thailand.

Namun pembangunan tanggul juga dapat berdampak buruk pada wilayah pesisir Thailand, menyebabkan kerugian besar dan memakan korban pada tahun 2030.

Sementara di perkotaan masalah kepadatan tak terurai, di daerah pesisir, pembangunan tambak udang dan budidaya ikan oleh penduduk setempat kerap merusak hutan bakau yang melindungi garis pantai dari deru ombak laut.

Akibatnya erosi pantai dekat kota Bangkok tak dapat dihindarkan. Laut naik, kota bangkok kian tenggelam dan prediksi para ahli tak bisa dipandang sebelah mata.

BACA SELANJUTNYA

Menjajal Wisata Kuliner Ekstrem di Thailand ala Dinda Hauw dan Rey Mbayang, Apa Saja?