Kamis, 02 Mei 2024
Dany Garjito | Aditya Prasanda : Jum'at, 21 September 2018 | 11:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Dengan luas sekitar 300 hektar, Savana Bekol, padang savana di Taman Nasional Baluran disebut sebagai padang savana terbesar di pulau Jawa.

Hamparan padang savananya nan menakjubkan membuat destinasi wisata kebanggaan Banyuwangi, Jawa Timur ini dijuluki Africa van Java, sebab lanskap alamnya mudah mengingatkan kita pada padang savana di Afrika.

Kala kemarau, padang ini akan menjelma coklat kekuningan nan sedap dipandang. Sementara saat hujan menghinggapi Savana Bekol, padang ini akan menjelma hamparan hijau yang dipenuhi tanaman Acacia nilotica nan meneduhkan.

Taman Nasional Baluran (National Baluran Park Official)

Selain menikmati keindahan padang savana, kita juga dapat menyimak 155 jenis burung, 26 jenis mamalia dan 44 jenis flora yang ada di kompleks wisata Taman Nasional Baluran.

Di taman nasional ini, para pengunjung juga dapat melihat kerbau, kucing bakau, banteng, burung merak, macan tutul, monyet ekor panjang dan kawanan rusa berseliweran.

Taman Nasional Baluran (National Baluran Park Official)

Sementara itu, 4 kilometer dari Savana Bekol, hamparan pantai nan ciamik mengitari Taman Nasional Baluran.

Disana, kita akan disuguhkan hutan mangrove kering nan fotogenik, sesekali kawanan monyet menampakkan rupanya, bahkan para pengunjung dapat bersnorkeling ria di hamparan lautnya nan menawan.

Taman Nasional Baluran (Instagram Chelliftrn)

Untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran, wisatawan domestik hanya perlu merogoh kocek Rp 15.000 pada hari biasa, sedangkan di hari libur dikenakan biaya sebesar Rp 17.500.

Sementara wisatawan mancanegara, di hari biasa dikenakan tarif Rp 150 ribu dan Rp 225 ribu di hari libur.

BACA SELANJUTNYA

Rebahan Yuk, Pesona Alam nan Eksotis di Hotel Sekitar Banyuwangi