Minggu, 28 April 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Kamis, 27 September 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Tak hanya destinasi wisata dan kuliner Banyuwangi saja yang wajib untuk didatangi lho, travelers. Ternyata ada perayaan Festival Kebo-keboan di Banyuwangi yang menarik untuk dinikmati wisatawan.

Ya, Festival Kebo-keboan ini merupakan salah satu tradisi yang masih dipertahankan oleh Desa Alas Malang dan Desa Aliyan di Banyuwangi.

Diadakan pada tanggal 23 September 2018 lalu, atraksi ini mendapatkan perhatian dan antusias warga dan wisatawan yang luar biasa.

Perayaan Festival Kebo-keboan di Banyuwangi. (Instagram/@bilasfebridwiananda)

Festival Kebo-keboan diadakan untuk memohon hasil panen melimpah dan kesuburan sawah. Tak hanya itu saja, Festival Kebo-keboan di Banyuwangi ini dipercaya sebagai tolak bala.

Atraksi menarik ini merupakan satu dari beberapa event wisata Banyuwangi yang diadakan satu tahun sekali. Upacara dimulai dengan pemilihan sejumlah penduduk yang akan menjadi manusia kerbau.

Manusia kerbau yang terpilih ini dirias menyerupai kerbau lengkap dengan tanduk dan warna hitam di sekujur tubuh.

Kerbau sendiri melambangkan hewan kuat yang menjadi tumpuan para petani di Banyuwangi.

Perayaan Festival Kebo-keboan di Banyuwangi. (Instagram/@p.nia)

Manusia kerbau ini dipilih oleh pemuka adat di desa setempat. Biasanya perayaan ini diselenggarakan setiap bulan Suro satu tahun sekali.

Manusia kerbau yang dirasuki arwah leluhur nantinya akan diarak keliling kampung. Menyerupai kerbau mereka yang dirasuki arwah leluhur ini akan masuk ke dalam sawah berlumpur dan berguling-guling.

Tak jarang kerbau ini juga menabrak kerumunan penonton yang sedang menyaksikan Festival Kebo-keboan di Banyuwangi tersebut. Menegangkan sekali bukan?

Perayaan Festival Kebo-keboan di Banyuwangi. (Instagram/@bilasfebridwiananda)

Ritual Festival Kebo-keboan di Banyuwangi ini ditutup dengan penaburan benih padi yang dibawakan oleh pemeran sosok Dewi Sri. Menarik untuk disaksikan bukan?

Bagi yang ketinggalan jangan khawatir, kamu masih bisa menyaksikan Festival Kebo-keboan di Banyuwangi ini tahun depan pada bulan Suro. Jangan lupa catat bulannya ya, travelers!

BACA SELANJUTNYA

Rebahan Yuk, Pesona Alam nan Eksotis di Hotel Sekitar Banyuwangi