Minggu, 28 April 2024
Tinwarotul Fatonah | Aditya Prasanda : Sabtu, 29 September 2018 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Guiness Worlds Records mencatat salah satu pesawat maskapai penerbangan asal Israel, El Al Boeing 747 sebagai pesawat yang berhasil mengangkut penumpang terbanyak dalam sejarah peradaban manusia.

Tepatnya pada 24 Mei 1991, El Al Boeing 747 mengangkut penumpang sebanyak 1.088 orang.

Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dari kapasitas maksimum pesawat berukuran jumbo pada umumnya yang rata-rata sanggup menampung 600 penumpang.

Operasi Solomon (Wikimedia Commons)

Untuk mengangkut penumpang dalam jumlah besar tersebut, kursi-kursi di pesawat El Al Boeing 747 dipindahkan dan ribuan penumpang duduk berdesakan.

Bukan tanpa sebab pesawat ini harus mengangkut ribuan orang melebihi kapasitas maksimumnya,1.088 orang tersebut merupakan kaum Yahudi Ethiopia yang tengah menghadapi persekusi berdarah yang meletus tahun 1977.

Operasi Solomon (Wikimedia Commons)

Operasi penyelamatan warga Yahudi di Ethiopia ini bernama Operasi Solomon, dilakukan selama 36 jam tanpa henti dengan melibatkan 34 pesawat jet El Al berukuran jumbo dan Hercules-130.

Demi mengangkut 14.200 pengungsi dari Kota Addis Ababa menuju Yerusalem, operasi penyelamatan ini membutuhkan 40 kali penerbangan.

Betapa pun kenyataannya operasi ini melanggar prosedur standar penerbangan, Operasi Solomon tetap dilaksanakan demi menghindari lebih banyak korban berjatuhan.

Hingga hari ini, Operasi Solomon tak hanya dikenang dengan rekor penumpang terbanyak yang pernah diangkut pesawat komersial namun evakuasinya sendiri tercatat sebagai operasi penyelamatan tercepat dan terhebat dalam sejarah.

BACA SELANJUTNYA

Pantang Menyerah! Ibu 56 Tahun Ini Nekat Daftar Bekerja Jadi Pramugari