Jum'at, 03 Mei 2024
Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda : Sabtu, 29 September 2018 | 14:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Meski sekilas dapat terbang melintasi apapun, namun kenyataannya tidak semua wilayah boleh dilewati pesawat terbang, lho. 

Dari zona berbahaya hingga alasan keamanan publik, beberapa wilayah masuk dalam zona terlarang untuk dilewati pesawat sebab bermacam alasan.

Lima di antaranya, seperti Guideku.com catat dalam 5 kawasan di bumi yang tak boleh dilintasi pesawat berikut. Apa saja?

1. Taj Mahal, India

Taj Mahal (Unsplash)

Sebab khawatir polusi yang disebabkan pesawat dapat membuat kotor marmer putih yang melekat di Taj Mahal, pesawat dilarang melintas di atas monumen penting milik masyarakat India ini.

Pesawat-pesawat tersebut hanya boleh terbang di atas 2,5 kilometer di atas Taj Mahal.

2. Walt Disney, Florida

Walt Disney (Unsplash)

Sejak tragedi 9/11, pihak Walt Disney di Florida dan Disneyland Anaheim, California melarang pesawat melintas di atas kompleks taman hiburan ini.

Terutama pada wahana Cinderella Castle di Magic Kingdom, dengan catatan pesawat tidak boleh melintas pada ketinggian 914 meter.

3. Buckingham Palace, Inggris

Buckingham Palace (Unsplash)

Dengan alasan keamanan, Buckingham Palace dan Kastil Windsor tak boleh dilintasi pesawat terbang.

Di Inggris, selain Buckingham Palace dan Kastil Windsor, Downing Street dan Gedung Parlemen juga tak boleh dilintasi pesawat.

4. Merritt Island, Amerika Serikat

Merritt Island (Wikimedia Commons)

Pesawat juga dilarang mengudara pada ketinggian 1.524 meter di atas kawasan Merrit Island di Amerika Serikat.

Bukan tanpa sebab, pulau ini merupakan markas Kennedy Space Center milik Nasa.

Jika sewaktu-waktu peluncuran roket dilaksanakan, tak akan ada pemberitahuan terlebih dahulu sebelumnya, sebab kawasan ini didapuk sebagai zona bebas terbang 'tanpa batas'.

Bayangkan, mau jadi apa pesawat yang melintasi pulau ini?

5. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda (Mic)

Zona permukaan laut berbentuk segitiga yang membentang dari Bermuda, menuju Puerto Riko dan Miami ini memang terkenal sebagai kawasan misterius tempat banyak pesawat dan kapal lenyap tanpa jejak.

Ada banyak spekulasi mengapa kawasan ini begitu berbahaya dan dilarang untuk dilintasi, dari spekulasi ilmiah menyoal keberadaan gelombang laut, pusaran air, gas methana, gempa laut hingga spekulasi yang menguji akal sehat macam keberadaan markas Jin dan lorong waktu.

Hingga hari ini, misteri Segitiga Bermuda merupakan salah satu teori konspirasi terbesar dalam sejarah manusia yang tak pernah usai pembahasannya.

Itulah 5 kawasan di bumi yang tak boleh dilintasi pesawat versi Guideku.com!

BACA SELANJUTNYA

Pakai Baju Ini ke Taj Mahal, Ivanka Trump Panen Pujian