Minggu, 28 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Rabu, 10 Oktober 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Hingga kini, proses evakuasi serta pengiriman bantuan ke daerah-daerah di Sulawesi Tengah yang terdampak gempa Palu, Donggala, dan Sigi masih terus berlanjut. Masyarakat di daerah tersebut pun perlahan-lahan mulai bisa bangkit.

Tak hanya bantuan dari Pemerintah Indonesia, bantuan kemanusiaan dari berbagai negara pun ikut mengalir masuk. Salah satunya adalah dari Rusia, seperti yang dilansir Guideku.com dari akun resmi twitter RBTH Russia Beyond the Headlines untuk Indonesia (@RBTHIndonesia).

Akun tersebut menyatakan bahwa ''Pada Senin (8/10), sesuai perintah Presiden @PutinRF_Eng, Kementerian Situasi Darurat Rusia mengirimkan lebih dari 24 ton bantuan kemanusiaan kepada korban gempa I dan tsunami di Sulteng.''

Rusia Kirim Bantuan untuk Gempa Palu (twitter.com/@RusEmbJakarta)

Bantuan tersebut diangkut menggunakan pesawat kargo Kementerian Situasi Darurat Rusia. Beberapa barang yang diberikan di antaranya adalah generator listrik, sistem pembersih air, tenda, hingga selimut.

Saking besarnya ukuran pesawat kargo Il-76, pesawat Rusia tersebut hanya bisa didaratkan di Balikpapan, dan tidak memungkinkan untuk mendarat langsung di Sulawesi Tengah.

Meski begitu, kargo yang ada segera dikeluarkan dan dikirim ke Sulawesi Tengah.

Hal ini tentunya akan sangat membantu, mengingat banyak korban gempa dan tsunami Palu yang masih memerlukan tenda sebagai tempat tinggal sementara mereka.

Rusia Kirim Bantuan untuk Gempa Palu (twitter.com/@RusEmbJakarta)

Sementara itu, dilansir dari @RusEmbJakarta, staf Kedutaan Besar Rusia di Indonesia, perwakilan Rusia di Jakarta, serta warga Rusia yang tinggal di Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menggalang bantuan. 

Bantuan berbentuk makanan tersebut telah disampaikan kepada pihak Palang Merah Indonesia (PMI) pada tanggal 5 Oktober lalu, untuk selanjutnya dikirimkan ke korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Yuk kita doakan agar kondisi di Palu, Donggala, dan Sigi bisa segera pulih seperti sediakala, teman travelers!

BACA SELANJUTNYA

Saksi Bisu Zaman, Patung Megalitikum Lembah Bada di Sulteng nan Misterius