Minggu, 28 April 2024
Galih Priatmojo | Amertiya Saraswati : Selasa, 23 Oktober 2018 | 07:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Semua orang berhak mendapat kesempatan baru dan menjadi pribadi yang lebih baik. Hal itu pulalah yang tepatnya terjadi di Desa Bungkal, Kelurahan Pasar Muara Tebo, Jambi.

Dulunya, desa ini terkenal dengan reputasi kampung narkoba. Hal ini dikarenakan banyaknya pemuda di Desa Bungkal yang suka menghabiskan waktu dengan mabuk-mabukan dan mengonsumsi narkoba.

Namun, berkat bantuan Karang Taruna Bungkal serta beberapa mahasiswa KKN dan masyarakat sekitar, para pemuda yang ada pun perlahan-lahan berubah menjadi pengelola tempat wisata.

Ya, baru resmi dibuka tanggal 21 Oktober 2018 lalu, Wisata Alam Lubuk Tembesu merupakan destinasi wisata baru seluas 2 hektare yang dulunya digunakan sebagai lahan tidur warga.

Wisata Alam Lubuk Tembesu (instagram.com/kamal_uten)

Pohon tembesu merupakan spesies pohon khas Kabupaten Tebo yang keberadaannya sudah mulai langka. Kayu tembesu juga kerap digunakan sebagai bahan furnitur, ukiran, dan pahatan.

Tidak hanya itu, pohon tembesu juga dapat dapat tumbuh hingga mencapai 10 - 25 meter tingginya dan memiliki bunga berwarna putih kekuningan.

Untuk membangun Wisata Alam Lubuk Tembesu ini, para pemuda menghabiskan waktu mereka untuk membersihkan ranting dan batang pohon yang tumbang, hingga membuat jembatan menuju lokasi wisata.

Pada akhirnya, mereka pun berhasil membuka Wisata Alam Lubuk Tembesu dan mengubah citra kampung narkoba menjadi sebuah kampung wisata alam.

Wisata Alam Lubuk Tembesu (instagram.com/rintorezky11)

Ke depannya, Karang Taruna Bungkal pun bermaksud untuk menambahkan rumah pohon, gazebo, kamar mandi umum, hingga wahana permainan anak.

Mereka juga berharap agar Wisata Alam Lubuk Tembesu bisa terus berkembang dan pandangan masyarakat terhadap Desa Bungkal semakin positif.

Tak hanya itu, mereka juga berharap agar pemuda dan pemudi di Bungkal bisa berubah ke arah yang lebih baik karena aktivitas pengelolaan tempat wisata yang ada.

Jadi, buat kamu yang kebetulan tengah mengunjungi Jambi, nggak ada salahnya kamu mencoba datang ke Wisata Alam Lubuk Tembesu ini lho, travelers! Yuk kita apresiasi sama-sama wisata alam baru yang ada di Indonesia ini!

BACA SELANJUTNYA

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bogor, Cocok untuk Libur Tahun Baru 2024