Selasa, 30 April 2024
Galih Priatmojo | Amertiya Saraswati : Selasa, 06 November 2018 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Menemukan segudang peraturan unik nan nyetrik di negara lain bukanlah hal baru lagi. Tak jarang, kita pun dibuat gagal paham dengan maksud dari peraturan-peraturan tersebut.

Namun, dari semua peraturan unik yang ada, pernahkah kamu menemukan seperti yang di bawah ini?

Kisah ini terjadi di India, tepatnya di sebuah bus yang menghubungkan Desa Ellavadi dengan daerah Harur.

Malam itu, si kondektur bus tengah beristirahat di kursinya sementara bus melaju melintasi hutan. Namun, tiba-tiba saja, bus tersebut dihentikan oleh seorang inspektur dari departemen transportasi.

Ilustrasi Bus (Pixabay)

Inspeksi di rute ini rupanya bukan hal baru lagi. Jadi, baik kondektur maupun supir bus tampak tenang-tenang saja. Toh, mereka tidak berbuat salah bukan?

Sayangnya yang terjadi tidak sesederhana itu.

Segera setelah pemeriksaan dilakukan, perhatian sang inspektur langsung tertuju pada seorang lelaki berusia 45-an yang sedang mabuk dan membawa seekor merpati di tangannya.

Nggak cuma mabuk, lelaki tersebut bahkan terlihat asyik mengobrol dengan merpati yang dibawanya. Waduh!

Tapi, bukannya menegur lelaki mabuk tersebut, rupanya perhatian sang inspektur departemen transportasi tertuju pada si merpati. Lho, memang apa salah si merpati?

Ilustrasi Merpati (Pixabay/TSagar)

Usut punya usut, peraturan pemerintah di India menyatakan bahwa penumpang yang membawa 30 ekor merpati harus membayar tambahan biaya tiket bus sebesar seperempat biaya yang tertera.

Kondektur ini pun berusaha membela diri dengan menyatakan bahwa penumpang mabuk tersebut sama sekali tidak membawa merpati saat masuk tadi. Alih-alih, merpati tersebut ditangkap si penumpang saat sedang bertengger di jendela bus.

Sayangnya, pembelaan ini tidak diterima. Sang kondektur bus pun mencoba lagi dengan menyatakan bahwa merpati yang ada di dalam bus hanya 1, bukan 30 seperti dalam aturan yang tertulis.

Lantas bagaimana kisah ini berakhir?

Bukannya lolos dari jerat hukum, kondektur bus tersebut rupanya sedang apes karena dia berakhir mendapat surat peringatan dan dipaksa membayar denda.

Tak hanya itu, perusahaan transportasi tempatnya bekerja pun bahkan sampai menyatakan bahwa pihaknya akan hati-hati agar tidak ada merpati yang masuk ke dalam bus lagi. Ada-ada saja, ya?

BACA SELANJUTNYA

India Lockdown, Deepika Padukone Sibukkan Diri di Dapur saat di Rumah Aja