Kamis, 18 April 2024
Dany Garjito : Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Belakangan beredar viral video ikan hiu dibiarkan sekarat di laut setelah siripnya dipotong. Perburuan sirip ikan hiu yang masif membuat populasi hiu terancam.

Di seluruh dunia, banyak serangan ikan hiu berakibat fatal tanpa alasan terhadap manusia setiap tahun. Serangan semacam itu diberitakan ke mana-mana, ditambah citra negatif yang ditayangkan di film-film membuat ikan hiu dicap sebagai pemangsa manusia.

Ikan hiu memang harus diwaspadai. Namun, bila dilihat secara objektif, ikan hiu-lah yang kerap diburu manusia.

The Guardian menyebut Sup sirip ikan hiu adalah hidangan mewah nan lezat dan harganya bisa mencapai Rp 2-10 juta semangkuk. Sekitar 10 ribu ton supplay sirip hiu ke pasar Asia karena dianggap berkhasiat untuk membangkitkan gairah seksual.

Melansir sharkstewards.org, sekitar 100 juta hiu dibunuh secara global per tahun. Hal itu dianalisa setiap tahun, terutama dari penangkapan ikan ilegal, yang tidak diatur dan tidak dilaporkan (IUU). 181 spesies hiu kini mendapat kode merah dan terancam punah, atau sangat terancam oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Untuk memenuhi permintaan pasar Asia yang menggiurkan, berkembanglah praktik ”amputasi” yang kejam, memotong sirip ikan hiu hidup dan melemparkan ikan hiu kembali ke laut.

Praktik ini dilakukan karena daging hiu yang kurang bernilai, pemburu tidak ingin membawa hiu utuh karena memakan ruang. dan lebih memilih menyisakan ruang kapal untuk daging tuna atau ikan todak yang lebih berharga. Jadi mengampil sirip hiu seakan tambahan insentif pemasukan yang lebih besar bagi para pemburu tersebut.

Seperti video yang beredar berikut, terlihat hiu tersebut masih hidup dan tidak bisa berenang karena siripnya sudah dipotong.

Sontak banyak netizen yang menghujat aksi tersebut.

''Membuatku patah hati,'' tulis netizen.

''Sangat kejam,'' tulis netizen lainnya.

SUARA.com/Ade Indra Kusuma

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Beredar Video Viral Penderitaan Ikan Hiu yang Siripnya Dipotong

BACA SELANJUTNYA

Viral! Pesawat Air India Bocor Ditengah Penerbangan, Penumpang Tetap Santuy